Polres Tuban Siapkan Pengamanan Pilpres

396

polressiapkabartuban.com – Jajaran Polres Tuban, sore tadi menggelar apel siaga persiapan pengamanan, dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli mendatang, Senin (7/7/2014).

Apel siaga tersebut dilakukan untuk pengecekan persiapan, mulai dari senjata serta kendaraan, sebelum dilaksanakan pengamanan Pilpres pada Pemilu Presiden, Rabu 9 Juli 2014 mendatang.

Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi menuturkan, “Kali ini kita gelar apel siaga, dan dilanjutkan pengecekan¬† alat utama dan alat khusus yang kita miliki, termasuk senpi, gas air mata¬†serta kendaraan, kita cek kondisinya satu persatu, yang akan kita gunakan untuk persiap pengamanan Pilpres,” ungkapnya.

Sedangkan titik rawan yang perlu diantisipasi, saat berlangsungnya rekapitulasi suara, baik di Tempat Pemunggutan Suara (TPS), maupun di Panitia Pemungutan Suara, serta beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang dianggap rawan.

“Untuk kerawanan, hal sekecil apapun akan kita antisipasi, dan sesuai evaluasi Pemilihan Legeslatif (Pileg) kemarin, ada beberapa PPK yang perlu kita waspadai saat rekapitulasi suara. Mulai dari TPS, PPS, akan kita pantau dan antisipasi bila ada gesekan dari masing-masing pendukung,” tutur Kapolres Tuban.

Kapolres juga menambahkan, bahwa pihaknya akan berkerjasama, meminta kepada masing-masing pihak, mulai dari Komisi Pemilihan Umun (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), serta saksi-saksi kedua kubu, untuk bekerja all out, sesuai dengan ketentuan, agar tidak menimbulkan kericuhan.

Sementara itu, jumlah personil yang akan diturunkan, sebanyak 2/3 dari kekuatan yang ada, sekitar 600 personil, jumlah tersebut, belum termasuk Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Jatim, satu SSK Shabara Polda, serta BKO dari TNI satu Kompi, untuk membeck-up serta memonitor situasi di wilayah Tuban. (pul)