PT. SI Datangkan Alat Pertambangan Ramah Lingkungan

518

sgmesinkabartuban.com – Upaya mewujudkan pembenahan pada proses penambangan bahan baku, perusahaan BUMN terbesar di Indonesia PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, mendatangkan peralatan pertambangan berupa 1 unit jenis Wirtgen dan 1 unit jenis Vermeer sebagai penunjang proses penambangan batu kapur tanpa menimbulkan kebisingan seperti cara sebelumnya yang menggunakan metode peledakan, Kamis (27/06/13).

Dari keterangan Ir. Suparni selaku Direktur Produksi PT. Semen Indonesia pabrik Tuban, sementara ini pengadaan kedua alat tersebut “Surface Munire” dimaksudkan untuk mengurangi tingkat kebisingan terutama di area lahan tambang yang berada di dekat pemukiman warga, sedangkan metode peledakan masih kita lakukan di lokasi tengah yang jauh dari pemukiman.

Untuk konsep awal pengadaan alat ini didatangkan melalui kerjasama dengan PT. United Tractors Semen Gresik (UTSG) salah satu perusahaan yang dibentuk bersama oleh PT. SI. Secara tidak langsung kerjasama tersebut juga mengoptimalkan sinergi di lingkungan Semen Indonesia Grup.

Lebih lanjut Suparni menjelaskan terkait anggaran pengadaan barang itu dua kali lipat dibandingkan sistem peledakan, harga baru per unit Surface Munire mencapai kisaran 30 Milyard, dengan peralatan baru ini masing – masing bisa menghasilkan 400 Ton bahan baku per jamnya, “Target volume kedua alat tersebut sebesar 100 ribu Ton per bulan”, imbuh Suparni. (ts)