PT SI Terus Kembangkan Pelestarian Lingkungan

339

mangrovekabartuban.com – Sebagai BUMN terkemuka yang berdiri di Tuban, hingga saat ini PT Semen Indonesia (PT SI) tiada henti membangun negeri. Tidak hanya melalui produk semen yang mulai meraja di pasar Asia Tenggara, namun PT SI terus ikut serta dalam menjaga stabilitas lingkungan dan meluncurkan program – program pemberdayaan lingkungan, khususnya di Kabupaten Tuban.

Wujud pelestarian lingkungan PT SI nampak jelas dalam eksistensi pantai mangrove Tuban. Bekerjasama dengan seorang aktifis lingkungan yang serius dan konstan dalam pengabdiannya pada alam,  Pantai Mangrove Tuban kini menjadi magnet wisata alam tersendiri di kota ujung barat Jawa Timur ini.

Sejak tahun 70 – an, Ali Mansyur (55) yang awalnya hanya berprofesi sebagai guru di madrasah, mulai mengembangkan kawasan pantai yang berada di kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Kawasan tersebut kemudian berkembang cukup pesat setelah Ali Mansyur mendapat dukungan penuh dari PT SI dalam pelestarian lingkungan. Guru di salah satu madrasah setempat tersebut dengan sederhana mengatakan, “cintailah alam, maka dia akan bertasbih dan mendo’akanmu,” tuturnya.

Semen Indonesia sebagai perusahaan yang sangat peduli lingkungan, juga terus membangkitkan Mangrove Center.

Melalui MOU, SMIG men-support kegiatan penanaman hingga bantuan fisik seperti pembangunan gapura sebagai ikon keberadaan mangrove, sarana ibadah, paving dan pembangunan fisik lainnya. Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, PT SI terus komitmen untuk membangkitkan kawasan mangrove tersebut.

Menurut Ali Mansyur, saat ini pengunjung Pantai Mangrove telah 5.000 orang dalam seminggu. Lebih lanjut Ali Mansyur menjelaskan bahwa para pengunjung tersebut terdiri dari berbagai unsur, instansi pemerintahan, lembaga pendidikan, hingga masyarakat umum.

Pada musim libur sekolah seperti ini, kawasan mangrove terlihat cukup padat pengunjung. Tidak hanya pengunjung reguler, namun kawasan ini juga dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan dari luar kota sebagai tempat perkemahan, Jum’at (27/12/2013).

Menurut informasi yang didapat media ini, rencananya tahun depan akan dibangun penangkaran burung langka oleh SMIG. Di atas lahan seluas 236 hektar tersebut, PT SI cukup serius dan kontinyu dalam rangka membangkitkan program pelestarian alam.

Dengan terbentuknya pantai mangrove sebagai salah satu magnet wisata di Tuban, maka secara otomatis masyarakat di sekitar kawasan tersebut juga mendapat dampak positifnya. Perekonomian masyarakat setempat ikut meningkat sejak pantai mangrove menjadi salah satu raksasa mangrove di Tuban.

Keberhasilan dalam pembangunan kawassan tersebut ternyata tidak membuat Ali Mansyur berhenti berkarya. Kecintaannya terhadap alam tidak cukup dengan apa yang diraihnya saat ini. Lelaki baya yang telah mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Presiden tersebut masih menghabiskan hari – harinya dengan berbagai tanaman dan tidak berhenti untuk terus mengembangkannya. Tentu saja, hal ini tidak lepas dari peranan besar PT SI dalam pengembangan program pelestarian lingkungan dan kepedulian PT SI melalui berbagai program CSR nya. (im)