Ratusan Warga Socorejo Geruduk PT IMB Tuntut Penghentian Proyek

kabartuban.com Ratusan warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, melakukan aksi demonstrasi di depan kantor PT INDO MINA BAHARI (IMB) yang terletak di Kawasan Industri Tuban (KIT). Demonstrasi ini dipicu oleh pembangunan proyek di area perusahaan yang dilakukan tanpa adanya sosialisasi terlebih dahulu dengan masyarakat setempat.

Sebanyak kurang lebih 100 orang warga Desa Socorejo turut serta dalam aksi yang berlangsung pada pukul 09.00 WIB untuk menuntut penghentian sementara aktivitas pembangunan proyek PT IMB/ILB hingga ada sosialisasi dan kesepakatan dengan tokoh pemuda Desa Socorejo. Warga juga meminta perusahaan tersebut agar dengan segera mengatasi berbagai masalah lingkungan yang ditimbulkan akibat aktivitas produksi yang dijalankan.

“Dengan adanya pabrik kalian, di mana kalian hanya mencemari desa kami, hanya memberi polusi dan kalian tidak memberi CSR (Corporate Social Responsibility) yang sebanding dengan masyarakat kami,” ujar Bukhori dalam orasinya, Kamis (01/08/2024).

Selain itu, warga juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap janji manis yang diberikan pada awal proyek yang mengatakan akan menyejahterakan masyarakat. Namun, yang terjadi tidak sesuai dengan yang dijanjikan, justru masyarakat merasa dieksploitasi dengan pengambilan tenaga kerja dari luar daerah, sedangkan masyarakat setempat hanya diberikan pekerjaan borongan yang tidak tetap.

“Kalian hanya manis bicara di depan, tapi di belakang kalian menginjak-injak kami. Di mana ini desa kami, wilayah kami yang semakin hari semakin sengsara dengan adanya pabrik,” tambah pria itu.

Hingga berita ini ditulis, pihak proyek belum memberikan pernyataan yang jelas dan membuat para demonstran mendirikan tenda di depan kantor proyek PT IMB/ILB untuk menunggu kejelasan dan tanggapan dari pihak perusahaan.

Aksi ini sempat diwarnai sedikit kericuhan, akan tetapi situasi akhirnya dapat dikendalikan dengan baik oleh pihak keamanan.

Warga berharap, dengan adanya aksi ini, PT INDO MINA BAHARI/ILB segera melakukan langkah-langkah konkrit untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan menangani masalah lingkungan yang ada.

“Jika demo hari ini tidak ditindak lanjuti, mungkin kita akan demo lagi hingga aspirasi kami ditanggapi,” pungkas Bukhori. (zam/za)

Populer Minggu Ini

Kasus Pencurian Diesel yang Melibatkan Kades Kedungsoko Jalani Sidang Tahap Awal

kabartuban.com - Setelah berbulan-bulan lamanya, kasus pencurian diesel yang...

Pemkab Tuban Berkolaborasi dengan Industri Daerah Gelar Simulasi Penanganan Bencana

kabartuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, membuka kegiatan...

Jatim Jadi Tim Sepak Bola Paling Sukses dalam Sejarah PON Setelah Berhasil Raih Medali Emas ke Lima

kabartuban.com - Tim sepak bola putra Jawa Timur berhasil...

UU Kementerian Disetujui DPR, Presiden Bebas Bentuk Kabinet Tanpa Batas Jumlah Menteri

kabartuban.com - Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan...

Warga Panyuran Resah, Pencurian Sapi Berulang Terjadi dalam Dua Bulan

kabartuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Tuban, kembali dibuat resah...
spot_img

Artikel Terkait