Red Carnival Riau, Kejutan Pawai ‘Agustusan’ Tuban

497

pawai3kabartuban.com –  Pawai Budaya Nusantara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 70 ini, dimeriahkan dengan berbagai macam penampilan dalam pawai pelajar sekolah. Banyak penampilan unik dan menarik yang ditampilkan, Selasa (11/8/2015).

Sedikit berbeda dengan penampilan sekolah yang lain, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 2 membuat kejutan dengan berbagai kostum artistik yang dipertunjukan. Dengan tema Kepulauan Riau (Kepri), para siswa – siswi SMK PGRI 2 menarik perhatian ribuan pasang mata yang telah memadati kota.

Berbagai macam kostum artistik yang menggambarkan burung dan kupu – kupu, menjadi pusat perhatian pengunjung. Pawai pun tampak semakin meriah dan berwarna. Pertunjukan SMK PGRI 2 itu juga dibumbui dengan aksi sejumlah peserat yang berdandan seperti pantomim. Mereka berlarian di antara barisan dan arak – arakan pawai.

Seorang warga yang sedang melihat pawai di depan kantor Bupati mengatakan, “Seru mas, asyik – asyik kostumnya. Sepertinya ada peningkatan terus setiap tahun,” ucap Asholina yang merupakan warag kota.

Berbeda dengan SMK PGRI 2, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 membawa tema Jogjakarta. Lebih dari 200 peserta diterjunkan oleh SMPN 3 Tuban. Merka menampilkan berbagai macam budaya dan adat berbau Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Salah seorang guru yang ditemui di lokasi mengatakan, ”Lebih dari 200 siswa yang kita turunkan mas, kalau persiapannya hanya sekitar satu minggu,” ungkapnya.

Sementara itu, kostum eklusif dan artisitik juga ditampilkan oleh SMK Abdi Negara. Pakaian besar itu terlihat cukup berat dikenakan. Angin bertiup cukup kencang mengenai pakaian mereka yang cukup lebar dan tinggi. “Kalau nggak kena angin ya masih biasa saja. Tapi kalau pas kena angin, berat banget mas,” kata Siti, salah satu siswi SMK Abdi Negara yang mengenakan kostum artistik itu.

Baca juga : Bupati Membuka Pawai Budaya Nusantara

Kegiatan Pawai Budaya Nusantara ini dibuka dan diberangkatkan oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda pukul 13.30 WIB di alun – alun kota Tuban, dan berakhir sekitar pukul 17.30 WIB di GOR Tuban. Ribuan warga dari berbagai daerah di Tuban, memadati hampir setiap sudut jalan yang dilewati pawai. (im)