SDM Nelayan Tuban Masih Kalah Bersaing

479

gedpomkabartuban.com – Sumber Daya Manusia (SDM) nelayan Tuban, masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan SDM para nelayan daerah lain. Perbedaan SDM tersebut bisa dilihat dari cara kerja serta alat tangkap yang digunakan nelayan masih kalah dengan nelayan luar Tuban.

Sehingga, sangat diperlukan bantuan pihak-pihak terkait, guna meningkatkan daya saing, peningkatan SDM agar mampu meningkatkan perekonomian mereka

“Nelayan kita perlu ditingkatkan SDM mereka, bagaimana penguasaan tentang alat tangkap yang mereka gunakan, serta pengelolaan budidaya ikan, maupun kemampuan yang lainnya” Ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto, saat ditemui awak media diruangan kerjanya. Senin (26/1/2015).

Lebih lanjut Sunarto mengungkapkan, soal pencarian penghasilan dilaut para nelayan Tuban masih kalah dengan daerah lain, seperti Kabupaten Rembang dan Kabupaten Lamongan, ini menjadi problem pekerjaan rumah pemerintah Kabupaten Tuban, kami akan berusaha untuk meningkatkan terus SDM para nelayan.

“Sejumlah pelatihan untuk para nelayan maupun kepada keluarga nelayan, telah kita lakukan guna meningkatkan SDM mereka, untuk peningkatan SDM kita juga pernah mengikutkan nelayan Tuban ke Rembang” pungkasnya (Pul)