Semen Gresik Gerakan Bersih Pantai Bersama Pelajar SMAN 2 Tuban

993

kabartuban.com – PT. semen Gresik bersama 850 pelajar  SMAN 2 Tuban melakukan gerakan bersih sampah yang berada di pantai Tuban, tepatnya di kawasan pantai Mangrove Center, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban. Aksi bersih pantai itu sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan menjaga ekosistem pantai akibat dampak buruk penumpukan sampah.

Ratusan siswa yang juga didampingi sejumlah guru dan staf SMAN 2 Tuban ini langsung terjun ke pantai yang banyak terdapat sampah plastik hingga popok bayi yang dibuang masyarakat tidak sadar lingkungan.

Dengan membawa kantung plastik yang sudah disiapkan, pelajar dan sejumlah karyawan PT. Semen Gresik ini mengais sampah kemudian sampah itu di masukkan didalam kantong. Sampah yang sudah terkumpul kemudan dimasukkan ke dalam bak kendaraan pengangkut sampah.

Manager Komunikasi dan Sarana Umum, PT. Semen Gresik Aris Sunarso disela-sela aksi bersih pantai mengatakan, kebersihan dan kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab dan komitmen bersama Semen Gresik, untuk itu bersih pantai ini menjadi satu agenda dalam upaya pelestarian lingkungan utamanya ekosistem laut.

“Ini adalah komitmen kami di Semen Gresik untuk ikut melestarikan lingkungan, dan kebetulan saat ini kami bersama pelajar SMAN 2 Tuban,” kata Aris.

Menurut Aris, gerakan cinta lingkungan perlu ditumbuhkan, terutama bagi pelajar karena menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan sejak dini penting bagi lingkungan dimasa depan.

“Harapannya kita bisa membuat gerakan lebih luas, tidak hanya sekolah ini saja, namun sekolah lain di Kabupaten Tuban sepertinya harus memiliki kepedulian yang sama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Tuban, Anis Afandi mengatakan, pihaknya meyambut baik kegiatan bersih pantai pelajar bersama PT. Semen Gresik ini. Sebagai salah satu sekolah adiwiyata SMAN 2 harus memilki wawasan lingkungan yang baik.

“Kegaiatan bersih pantai ini sebagai wujud kecintaan kita terhadap ijkebersihan, ditambah sekolah kami sebagai sekolah adiwiyata yang berwawasan lingkungan,” ungkap Anis Afandi.

Menurutnya, dengan pembersihan pantai siswanya memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan. Serta menumbuhkan karakter siswa tentang pentingnya menjaga sebuah kawasan pantai yang bersih dan indah.

“Kita juga menghimbau kepada anak, agar kegiatan ini terus di lakukan baik di sekolah atau saat berada di rumah,” tambah Anis Affandi.

Sementara itu, Ramadhona, salah satu pelajar yang ikut membersihkan sampah, mengaku kegiatan bersih pantai perlu dilestarikan, selain itu kegiatan ini juga harus disosialisasikan secara luas kepada masyarakat.

“Ini tadi kotor sekali, sekarang sudah bersih, saya pikir kalau ini dapat dlakukan lebih rutin tidak ada pantai kotor di Tuban,” kata Pelajar ini.(lk)

/