Semen Indonesia Gelar Operasi Katarak Gratis Untuk Masyarakat di Tuban

420

kataraksikabartuban.com – Sebagai bentuk kepedulian PT SI di bidang kesehatan, perusahaan plat merah tersebut menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi masyarakat. Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama PT SI dengan PKK Kabupaten Tuban, Minggu (29/9/2013).

Kegiatan yang diselenggarakan di RSUD dr. Koesma tersebut setidaknya diminati oleh 57 pendaftar. Setelah sekian pendaftar tersebut melalui dua tahapan screening, akhirnya tinggal 28 orang yang dinyatakan layak untuk menjalani operasi katarak.

Dari keseluruhan operasi, dapat dihitung sebanyak 39 bola mata yang ditangani,  karena sebagian peserta ada yang dioperasi hanya salah satu matanya, dan sebagaian yang lain dioperasi kedua bola matanya.

Mengingat cukup banyaknya peserta, pelaksanaan operasi dibagi menjadi 2 session, yang pertama pada hari Minggu (22/9) diikuti 14 orang dilanjutkan pada minggu berikutnya (29/9) juga terdiri dari 14 orang. Ikut pula mendampingi proses operasi katarak yaitu Ka. Dinas Kesehatan Kab. Tuban serta 2 orang dokter dari SI dan Kasi Bina Lingkungan Tuban.

”Masing-masing peserta menjalani screening tahap awal di puskesmas setempat, berupa pemeriksaan mata, tensi, dan gula darah kemudian dilanjutkan screening tahap kedua yang dilaksanakan di BPRB (Balai Pengobatan & Rumah Bersalin) komplek Perumahan Dinas SI diantaranya dengan perawat mata, biometri oleh dokter spesialis mata, kemudian bila sudah dinyatakan katarak pemeriksaan dilanjut ke tahap GDA (gula darah acak), fisik, tensi, visus mata, ECG (rekam jantung)”. Screening kedua ini dilakukan seminggu sebelum peserta menjalani operasi, ” jelas Bagus Prayogi, salah satu dokter perusahaan di BPRB yang ikut mendampingi peserta mulai dari screening tahap II hingga proses operasi.

Menurut data informasi yang didapat wartawan media ini, operasi katarak yang diselenggarakan oleh PT SI sudah berlangsung sejak tahun 2011 di Gresik. Kemudian kembali diadakan pada tahun 2012. Kemudian pada tahun 2013 ini PT SI menyelenggarakan di RSUD dr.Koesma Tuban, yang diikuti masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban.

Kasi Bina Lingkungan PT SI Tuban Suntoro mengungkapkan, “kegiatan sosial ini merupakan salah satu bentuk program CSR perusahaan di bidang kesehatan. Kegiatan kemanusiaan ini wujud daripada keperdulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar khususnya di Kabupaten Tuban dan harapan kami ini dapat membantu dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya. (im/riz)