Soroti Industri Perdagangan, Pemprov Jatim Jalin Kerjasama dengan Guatemala

kabartuban.com — Menyoroti industri perdagangan dan manufaktur yang kuat di Indonesia, khususnya provinsi Jawa Timur (Jatim), Penjabat (Pj) Gubernur Jatim, Adhy Karyono menerima kunjungan kerja dari Duta Besar (Dubes) Guatemala untuk Indonesia, Maynor Jacobo Cuyun Salguero untuk mendiskusikan penjajakan peningkatan kerjasama antara Guatemala dengan Jatim pada sektor ekonomi dan budaya, Senin (30/09/2024).

Pada kunjungan yang dilakukan di Gedung Negara Grahadi Surabaya ini Adhy mengungkapkan bahwa Dubes Guatemala mengapresiasi pencapaian Jawa Timur sehingga berminat untuk menjajaki kerjasama lebih jauh.

“Beliau sangat mengapresiasi dengan apa yang dicapai oleh Jawa Timur sehingga berminat untuk menjajaki kerjasama lebih jauh lagi. Salah satunya beliau ingin hubungan sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Quetzaltenango yang merupakan kota kedua terbesar setelah ibu kotanya dan juga adalah kota industri,” papar Pj Gubernur Jatim itu.

Selanjutnya, Adhy juga menyampaikan terdapat potensi kerjasama di sektor kopi lantaran salah satu produksi ekspor utama dari Guatemala adalah kopi dengan kualitas tinggi yang ternyata juga diproduksi oleh Jawa Timur.

Dalam waktu dekat, dikatakan oleh Adhy bahwa akan ada pertemuan bisnis antara pengusaha dari Jawa Timur dan Guatemala untuk penjajakan misi perdagangan tersebut.

“Semakin banyak kerjasama dengan negara lain, semakin baik kesempatan untuk Jawa Timur. Kami ingin memastikan kerjasama ini menguntungkan kedua belah pihak, baik dari Jawa Timur maupun Guatemala,” paparnya lagi.

Tak hanya itu, Dubes Guatemala, Maynor Jacobo Cuyun Salguero juga berterima kasih dan menyampaikan alasannya datang ke Surabaya.

“Alasan saya datang adalah untuk memperkuat kerjasama bilateral antara Guatemala dan Indonesia. Saya tahu bahwa Surabaya adalah kota penting,” ucapnya dilansir dari RRI.co.id

Dengan ini ia berharap dapat menjalin kerjasama yang lebih erat kedepannya dengan berkembangnya program Sister City serta kerjasama dalam bidang pariwisata dan perdagangan. (za)

Populer Minggu Ini

HUT TNI ke-79, Dandim 0811/Tuban Utamakan Kepentingan Rakyat

kabartuban.com -- Dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)...

OJK Jatim Ungkap Stabilitas Sektor Jasa Keuangan di Wilayahnya

kabartuban.com -- Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Timur (OJK...

Kemenkop UKM Tunjuk PT Surveyor Indonesia Lakukan Verifikasi Lapangan

kabartuban.com -- Sebagai anggota Holding Badan Usaha Milik Negara...

Prakiraan Cuaca Kabupaten Tuban Minggu, 6 Oktober 2024

kabartuban.com -- Pada akhir pekan setelah hari yang penuh...

Hari Jadi ke-731, Pemkab Tuban Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit

kabartuban.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Pagelaran Wayang...
spot_img

Artikel Terkait