Tak Banyak yang Tahu, Ini Arti Dari Logo Tut Wuri Handayani

kabartuban.com  Dunia pendidikan khususnya di Indonesia memiliki sejarah yang panjang, sebab banyak sekali pahlawan yang berjasa untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Salah satu pahlawan yang paling terkenal pada dunia pendidikan ialah Ki Hadjar Dewantara. Bahkan karena jasannya semasa hidup, hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara sendiri juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, yakni diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Salah satu semboyan dari Ki Hadjar Dewantara yang masih diterapkan di bidang pendidikan hingga saat ini yakni Tut Wuri Handayani. Ternyata pada logo Tut Wuri Handayani dari Ki Hadjar Dewantara sendiri memiliki sarat makna.

Sebagai siswa Indonesia kita wajib tahu makna dari Logo Tut Wuri Handayani yang biasa ada di seragam sekolah, merangkum dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), menjelaskan makna dari logo Tut Wuri Handayani, Kamis (08/01/2022).

  1. Pada bidang segi lima atau berwarna biru muda ini menggambarkan alam kehidupan pancasila
  2. Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan terhadap jasa Ki Hadjar Dewantara semasa hidup.
  3. Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berati suci, bersih dan tanpa pamrih. Warna kuning emas pada nyala api berati keagungan, keluruhan, dan pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup Pancasila).
  4. Belencong menyala bermotif Garuda Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukkan menjadi hidup.
  5. Burung garuda (yang menajdi motif belencong) memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda dilambangkan masing-masing lima yang berati: ‘satu kata dengan perbuatan pancasila’.
  6. Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Demikian makna Logo Tut Wuri Handayani yang sangat lekat dengan dunia pendidika Indonesia. Informasi ini bisa menambah pengetahuan kita sebagai pelajar Indonesia yang menghormati dan menghargai jasa pahlawan. (hin/dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker