TPI Tidak Ditutup, Pasokan Ikan Harus Tetap Ada

2
Kadiskannak Memberikan Masker kepada nelayan

kabartuban.com – Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban masuk ke zona nelayan di Kecamatan Tambakboyo Tuban. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di lingkungan nelayan dan pasar ikan, yang hingga hari ini masih melakukan aktiftas seperti biasa. Selain menyampaikan sosialisasi, Gugus Tugas juga membagikan masker gratis bagi nelayan dan pedagang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Glondonggede Tambakboyo, Jum’at (10/04/2020).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Tuban, M. Amenan mengatakan, di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat Covid-19, sektor perikanan tetap mempertahankan kebutuhan pangan protein masyarakat, yaitu pasokan ikan. Masyarakat diharapkan tidak kesulitan untuk mendapatkan ikan, guna mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Peranan TPI menjadi sentral, pasokan ikan harus tetap ada, dan upaya pencegahan Virus Corona di lingkungan nelayan dan pedagang ikan harus menjadi perhatian khusus. Kita semua di sini melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, dan dipantau sampai tingkat pelaku,” terang Amenan saat dikonfirmasi.

Menurutnya, upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan nelayan menjadi salah satu fokus utama saat ini. Menjadi sulit jika harus menjatuhkan pilihan penutupan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), hal itu menjadi pilihan yang sangat berat, dan berharap situasi membaik sehingga hal itu tidak terjadi.

Dalam kesempatan tersebut, Gugus Tugas bersama Diskannak dan Muspika Kecamatan Tambakboyo membagikan masker gratis yang telah disiapkan oleh pihak Diskannak dan pengelola TPI Tambakboyo.

“Pemkab Tuban memberikan perhatian yang cukup tinggi kepada masyarakat nelayan, apalagi di tengah kondisi yang cukup sulit ini. Salah satu bentuk perhatian Pemkab Tuban kepada nelayan adalah pemberian hibah kapal kepada ABK, sehingga bisa menjadi juragan terhadap dirinya sendiri,” imbuh Amenan. (rls/im)

/