TPQ Plus Bagus Burhan Berkembang Di ‘Bumi Wali’

423

bagusburhankabartuban.com – Taman Pendidikan al-Qur’an terus berkembang di Kabupaten Tuban. Semakin banyaknya kader muda yang menyelesaikan pendidikan di Pondok Pesantren maupun Perguruan Tinggi Islam, menjadi salah satu faktor berkembangnya pendidikan Islam di Bumi Tuban. Momen ramadhan yang bersamaan dengan libur panjang sekolah kali ini, ternyata menjadi hikmah tersendiri bagi pelaksanaan pendidikan agama di sejumlah Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ).

Salah satunya adalah TPQ Plus Bagus Burhan di kelurahan Sidorejo Kecamatan Tuban. TPQ Plus yang baru berusia satu tahun tersebut dengan serius memberikan pendidikan al –Qur’an dan keagamaan kepada 35 anak didiknya. “Kita cukup serius dengan kegiatan kita, meskipun hanya sekedar TPQ, tapi bagi kami ini merupakan perjuangan yang nyata dalam pendidikan Islam,” tutur Zumrotin, S.Pdi yang merupakan Kepala TPQ Plus Bagus Burhan. Senin (6/7/2015).     

Menurutnya, TPQ tidak hanya mengajarkan membaca dan menulis bagi anak – anak, namun lebih dari itu merupakan salah satu basis pendidikan karakter yang cukup penting untuk membentuk kepribadian anak didik, sehingga tumbuh menjadi pemuda muslim yang berkwalitas baik secara dhohir maupun batin. Khususnya dalam momen ramadhan kali ini, anak – anak dapat lebih mudah menyerap pendidikan karakter keislaman dengan aura bulan suci. Ditambah momen libur sekolah, yang cukup mendukung karena mereka datang ke TPQ dengan kondisi yang lebih fresh, sebab paginya tidak sekolah.

Lebih lanjut Zumrotin mengatakan, “Meskipun banyak orang tua yang masih memandang sebelah mata tentang pentingnya pendidikan di TPQ daripada pendidikan sekolah yang berorientasi pada masa depan duniawi, tapi saya yakin dengan berjalannya waktu, akan banyak orang tua yang lebih memperhatikan dan menyadari pentingnya pendidikan di TPQ bagi anak – anak mereka,” tutur Hafidzoh jebolan Sekolah Tinggi Ilmu al-Qur’an (STIQ) Jogjakarta tersebut.

Berdasarkan pantauan kabartuban.com, anak didik di TPQ Plus Bagus Burhan cukup beragam. Mulai dari usia TK hingga usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk anak usia Sekolah Menengah Atas (SMA) dan di atasnya, pihak TPQ mengaku memberikan program khusus di waktu yang berbeda.

Ditanya terkait ‘Plus’ yang dimaksudkan pada nama TPQ Plus Bagus Burhan, Zumrotin menjelaskan bahwa Plus yang dimaksudkan adalah plus pendidikan keagamaan yang lain selain al-Qur’an. “Plus itu artinya plus pelajaran agama yang lain selain al-Qur’an. Jadi, selain belajar membaca dan menulis al- Qur’an, anak – anak Bagus Burhan juga belajar ilmu fiqh, tauhid, khot, akhlaq, bahasa arab, bahkan kita juga memberikan waktu untuk pelajaran bahasa inggris,” terangnya.

Saat ditemui di Mushola al-Muhlisin yang merupakan tempat penyelenggaraan pendidikan TPQ Plus Bagus Burhan, Zumrotin juga mengaku bahwa program TPQ Plus Bagus Burhan sudah dilirik sejumlah tokoh untuk diterapkan di daerah lain. “Memang ada beberapa tokoh di Tuban yang ingin menerapkan program TPQ ini, kita sangat mendukung dan siap membantu demi  pengembangan pendidikan Islam di Tuban. Insya Allah setelah lebaran akan ada dua TPQ Plus Bagus Burhan yang dikembangkan di tempat lain,” imbuhnya.  (riz/im)