Uang Baru Belum Beredar di Tuban

644

kabartuban.com – Warga Tuban harus bersabar untuk mendapatkan uang rupiah baru yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo. Sebab, uang baru tersebut belum beredar di wilayah Tuban. Bahkan, pihak bank di Tuban juga belum mendapatkannya, sehingga, warga masyarakat belum bisa menukar uang lama dengan uang baru.

Menurut Assisten manager Operasional BRI Tuban, Sari, hal tersebut bisa jadi dikarenakan pihak Bank Indonesia (BI) sendiri masih mencetak emisi tersebut dalam jumlah terbatas.

“Mungki di BI nya sendiri masih terbatas jumlahnya. Jadi yang sudah beredar di media-media itu dimaksudkan untuk mensosialisasikan dulu gambar dari uang baru agar tidak ada salah persepsi saat dipergunakan untuk transaksi ” tutur Sari, Rabu (21/12/2016).

Distribusi untuk peredaran emisi uang baru tersebut masih terbatas di setiap wilayah cabang bank, yaitu, dua lembar untuk tiap nominalnya.

“Distribusinya masih terbatas. Masing-masing cabang baru dua lembar untuk masing-masing pecahan dari nominal seratus ribu hingga seribu rupiah,” paparnya.

Meski demikian, Sari juga mengaku sudah banyak nasabah yang menanyakan peredaran emisi uang baru tersebut. Namun, uang baru tersebut belum bisa diberikan karena memang belum ada.

“Sudah banyak nasabah yang menanyakan, tapi memang belum ada dan jumlahnya juga masih terbatas. Nanti kalau kami sudah menerima, maka akan diberikan sesuai jumlah mata uang yang kami terima dari kantor wilayah cabang Surabaya,” jelas Sari.

Sementara itu, Zumrotin, salah satu warga Tuban mengaku penasaran dengan tampilan baru rupiah. Ia bahkan sempat menanyakan ke pihak teller mengenai uang baru tersebut, namun, ternyata belum sampai di wilayah cabang Tuban.

“Tak kira sudah ada di Tuban, soalnya kemarin baca berita katanya sudah diluncurkan tampilan baru dari rupiah. Ternyata belum ada di Tuban,” ujarnya. (alf)

/