Universitas Terbuka Hadirkan Prodi PAI, Kalangan Santri Tuban Antusias Kuliah Online

71
Rektor UT bersama Kepala Salut Tuban

kabartuban.com – Universitas Terbuka (UT) menghadirkan terobosan Program Studi (Prodi) baru, Pendidikan Agama Islam (PAI). Kehadiran Prodi PAI ini mendapatkan respon positif dan antusian yang cukup tinggi dari kalangan pesantren di Kabupaten Tuban, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Sentra Layanan UT (Salut) Tuban pada peresmian gedung dan operasional Salut Tuban, Sabtu (02/03/2024).

Kepala Salut Tuban, Muhammad Anshori mengatakan, kehadiran Prodi PAI merupakan aspirasi dari para Kyai dan Ulama di Tuban agar para santri dan ustadz yang belum menempuh pendidikan tinggi dapat menempuh pendidikan tinggi di Universitas Terbuka.

“Alhamdulillah, UT sudah menghadirkan jurusan PAI. Dengan adanya jurusan PAI ini, para ustadz di Pondok Pesantren bisa kuliah sambil tetap mengabdikan diri di pesantren. Terobosan ini sangat bagus karena memang belum ada kuliah jurusan PAI yang bisa online, yang ada masih konvensional semua,” terang Anshori.

Lebih lanjut Anshori mengatakan, sejak dirinya menerima amanah sebagai Kepala Salut Tuban, pada periode ini sudah lebih dari 200 mahasiswa baru yang mendaftar. Banyak diantara mereka berasal dari Pesantren dan sebagian mengambil prodi PAI.

baca juga: Rektor Universitas Terbuka Resmi Luncurkan Salut Tuban, Prof Ojat Darojat: Hari bersejarah

Sementara itu, Rektor UT Ojat Darojat  mengatakan, bahwa hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah, dimana Universitas Terbuka secara resmi meluncurkan Sentra Layanan UT di Kabupaten Tuban. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan layanan UT kepada masyarakat di Tuban.

“Salut hadir di Tuban dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat sini, agar mereka lebih mudah menjangkau kita, mereka yang membutuhkan informasi-informasi tentang UT, dan yang ingin menyampaikan harapan tentang UT,” terangnya.

Kegiatan peresmian Salut Tuban hari ini dikemas dengan kegiatan jalan sehat bersama mahasiswa dan masyarakat. Sebagai bentuk syukur, Salut Tuban membagi banyak hadiah, termasuk hadiah Umroh. Sejauh ini, UT cukup direspon positif oleh masyarakat di Kabupuaten Tuban. (ndan/im) 

/