Vaksinasi Covid-19, Sunan Bonang Tuban Diserbu Warga

kabartuban.com – Masyarakat cukup antusias mengikuti vaksin massal yang diadakan oleh pemerintah di area wisata religi Sunan Bonang Tuban. Pengelola makam dan warga sekitar berbondong – bondong mengikuti vaksinasi. Vaksinasi kali ini diperuntukan bagi pengelola dan warga sekitar area makam Sunan Bonang Tuban, karena merupakan salah satu objek vital yang cukup ramai pengunjung. Pada kegiatan vaksinasi kali ini, lebih dari 200 orang mendapatkan suntik vaksin Covid – 19 jenis Sinovac, Jum’at (25/06/2021).

Sekretaris Yayasan Mabarot Sunan Bonang (YMSB) Tuban, Hidayaturrohman mengatakan, Vaksinasi ini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. Menurutnya, respon masyarakat dengan adanya vaksinasi Covid-19 ini cukup antusias. Bagi masyarakat yang tidak bisa terlayani vaksin hari ini pada pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB, harus bersabar untuk mendapatkan pelayanan pada program kegiatan vaksinasi berikutnya.

“Kegiatan ini dari Dinkes Tuban, dan prioritas kali ini untuk pengelola makam Sunan Bonang, pedagang, warga sekitar makam, dan para tukang becak Sunan Bonang. Seperti kita ketahui, bahwa di sini merupakan objek vital,” terangnya.

Lebih lanjut Hidayaturrohman yang biasa disapa Gus Dayat itu mengatakan, mempertimbangkan posisi dan situasi makam Sunan Bonang Tuban, pihaknya telah mengusulkan kepada pihak terkait untuk memberikan Vaksin Covid-19 kepada seluruh pengurus, karyawan, pedagang sekitar makam, hingga semua orang yang berkaitan dengan aktifitas makam Sunan Bonang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk program percepatan vaksinasi, karena hingga saat ini masih kurang dari yang ditargetkan.

“Kita harapkan masyarakat terus antusias mengikuti vaksinasi. Kalau tercapai lebih dari 76% sampai 80 %, itu akan mencapai ketebalan Herd Immunity. Kalau sudah Herd Immunity berarti sudah mencakup semuanya nanti terhadap virus ini, masyarakat semuanya akan bisa tahan. Sehingga pandemi Covid akan otomatis menurun kalau sudah kebal,” kata Kadinkes Tuban saat dikonfirmasi kabartuban.com di lokasi kegiatan.

Lebih lanjut dr. Bambang menyampaikan, bahwa besok hari Sabtu 26 Juni 2021, akan dilanjutkan kegiatan vaksinasi gratis bagi masyarakat, bekerjasama dengan TNI – Polri. Program vaksinasi di akhir pekan tersebut akan diselenggarakan di GOR Tuban dengan target minimal 1000 sampai 1500 peserta.

Di satu sisi, Kepala Keamanan dan Ketertiban YMSB, Muhaiminsah mengatakan, aktiftas wisata religi Sunan Bonang masih berjalan seperti biasa. Para peziarah dari berbagai daerah silih berganti mengunjungi makam Sunan Bonang. Seluruh pengurus makam sudah siaga dengan aturan protokol kesehatan, menyiapkan ruang isolasi, hingga bekerjasama dengan tim medis yang ready on call, untuk antisipasi jika terjadi kondisi yang butuh penanganan cepat.

“Saat ini ada vaksinasi di sini, alhamdulillah. Aktifitas di sini berjalan seperti biasa dan lancar, protokol kesehatan diterapkan. Kami sudah jauh hari mengatur semua mekanisme ziarah yang sesuai dengan situasi pandemi, dan kami juga tidak bosan – bosan mengingatkan para pengunjung untuk disiplin protokol kesehatan. Semoga lonjakan kasus Covid-19 ini tidak terjadi di Tuban,” terangnya.

Berdasarkan informasi data Diskominfo Tuban, hingga saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban telah mencapai 4026 kasus positif, dengan konfirmasi sembuh 3495 orang, dan 436 warga Tuban dinyatakan meninggal sebab Covid-19. (dil/hin/tul).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close