Wabup Serahkan Paket Gizi dan Nutrisi Pada Warga Mander

3
wabup tinjau angka kenaikan stunting di desa Mander

Kabartuban.com- Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, SH., menghadiri bakti sosial Program Sosialisasi Pencegahan Stunting untuk Generasi Indonesia Sehat yang diselenggarakan oleh Yayasan Yatim Mandiri Cabang Tuban di Desa Mander, Kecamatan Tambakboyo, Jum’at (19/11).
Turut hadir mendampingi Wabup Riyadi pada kegiatan ini di antaranya Camat Tambakboyo, Kepala Puskesmas Tambakboyo, Ketua Yayasan Yatim Mandiri Tuban, Ketua TP PKK Desa Mander, dan ibu-ibu warga setempat.
Pada kesempatan yang sama , bliau menyerahkan paket gizi dan nutrisi kepada perwakilan warga.
Wabup Tuban itu menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan sebagai bentuk kepedulian kepada umat. Kegiatan tersebut mendukung program Pemkab Tuban dalam membangun Indeks Pembangunan Masyarakat. Salah satunya menekan angka stunting.
Kang Riyadi, sapaan akrab Wabup Tuban menyatakan, pemilihan lokasi di Mander sangat tepat mengingat angka stunting di desa ini cukup tinggi. Tercatat angka stunting di desa Mander mencapai 30 persen.
“Ini menandakan banyak balita yang tumbuh belum sesuai standar kesehatan yang ditetapkan, karenanya perlu mendapat atensi serius,” ungkapnya.
Untuk lebih lanjut, warga diminta untuk benar-benar memperhatikan gizi anak mulai dari kandungan hingga masa pertumbuhan. Tak hanya itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat terkait pernikahan usia dini. Tujuannya, untuk mempersiapkan kondisi fisik maupun psikis dari calon pasangan pengantin.
Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 16 Tahun 2019 yang menyebut, bahwa usia minimal untuk menikah adalah 19 tahun baik untuk perempuan maupun laki-laki.
Pria ramah ini menekankan, agar seluruh elemen masyarakat, termasuk kader Posyandu, gizi, dan PKK saling bersinergi memberi pemahaman tentang Germas. Konsumsi makanan bergizi dapat terus disosialisasikan kepada masyarakat, utamanya ibu-ibu.
Dengan meningkatkan kualitas kesehatan mampu menyokong pengembangan sumber daya manusia. “Mengingat pondasi pembangunan SDM salah satunya penguatan sektor kesehatan,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Cabang Yatim Mandiri, Samsul Ma’arif, mengatakan, kegiatan ini diadakan guna mendukung program Pemkab Tuban untuk menekan angka kasus stunting. Peserta yang merupakan ibu-ibu diberikan penjelasan tentang pentingnya memperhatikan gizi untuk ibu dan anak.
Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga dan vaksinasi untuk lansia. Kegiatan ini selaras dengan tujuan Yatim Mandiri sebagai lembaga Amal Zakat yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan, dan pendidikan. (Din)

/