Wakil Ketua GP Ansor, Terpilih Jadi Ketua AKD Tuban, Ajak Kades Cermati UU Desa

486
akd
Moh. Zuhri Ali (Ketua AKD Tuban Terpilih)

kabartuban.com – Muhamad Zuhri Ali, Kepala Desa Jetak, Kecamatan Montong, Tuban akhirnya terpilih menjadi Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Cabang Tuban, dalam dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ke III AKD Tuban yang di laksanakan di salah satu rumah makan Jalan Teuku Umar di Kabupaten Tuban, Sabtu (8/2/2014) .

Dalam Muskab III AKD Tuban diikuti oleh 60 Kepala Desa yang berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban sebagai perwakilan dari masing-masing zona. ”Periode ini yang menjabat jadi Ketua AKD Tuban Pak Muhammad Zuhri Ali, yang juga Kades Jetak, Kecamatan Montong,” Kata salah satu panita Muskab AKD Tuban, Warsito yang menjabat sebagai Kades Sugihan, Kecamatan Merakurak.

Zito, pangilan akrab Kades Warsito ini mengatakan, pada Muskab tersebut ada dua kecamatan yang belum ikut dalam Muskab kali ini. Kecamatan yang tidak bisa ikut Muskab adalah Kecamatan Tambakboyo dan Kecamatan Widang, karena adanya kegiatan di kecamatan setempat. ”Dua kecamatan yang absen adalah Kecamatan Tambakboyo dan Kecamatan Widang,” ujarnya.

Sementara secara terpisah, Ketua AKD terpilih, Muhammad Zuhri Ali, yang juga masih keluarga dari Bupati Tuban ini  mengatakan, kalau setelah ini AKD mempunyai fokus pada pemberdayaan Kades Tuban dalam menyikapi Undang – undang desa tahun 2013, mengenai Anggaran Dana Desa (ADD).

”Salah satu fokus kami adalah mengenai pemberdayaan Kepala Desa untuk menyikapi keberadaan undang-undang ini,” terang Jojo, sapaan akrab Muhammad Zuhri.

Menurutnya, pemberdayaan Kades ini dirasa sangat penting, karena saat ini administrasi ditiap-tiap desa terkesan masih amburadul. Sehingga, Kades sendiri terkadang tidak menyadari kalau perbuatan yang dia lakukan keliru dan bahkan sampai ada yang berurusan dengan hukum.

”Untuk memahami UU dan juga administrasi sangat penting, karena banyak Kades yang kurang paham dan tidak menyadari kalau telah melakukan kesalahan. Padahal tidak ada niat untuk itu. Sehingga, hal itu menjadi permasalahan dikemudian hari,” Ketua AKD yang juga Wakil Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tuban ini pada kabartuban.com. (kh/im)