Workshop Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Citizen Journalisme

451

kabartuban.com – Komunitas Blogger Tuban (KBT) memulai ekspansi ke Kecamatan Kerek. Hari ini (29/5), KBT bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan Kerek menggelar “Workshop Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Citizen Journalisme”. Acara yang sedianya akan digelar selama 2 (dua) hari tersebut berlangsung cukup membanggakan. Sekitar 50 peserta yang hadir mengikuti pemaparan dari narasumber dengan penuh keakraban dan serius. Acara digelar di Pendopo Kecamatan Kerek pukul 19.00 WIB dan berakhir tepat pukul 21.00 WIB.

Ketua Karang Taruna Kerek Husnul Huda mengatakan, “Kegiatan ini adalah kegiatan perdana kami, saya dan teman – teman berharap bisa menjadi pendorong kreatifitas pemuda khususnya di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Terkait dengan sponsor kegiatan, Husnul mengaku bahwa kegiatan ini murni dari swadana anggota dan kerjasama dengan Komunitas Blogger Tuban. “Acara ini mandiri mas, semua dari swadaya dan swadana kawan – kawan sendiri,” tuturnya.

Di hari pertama kegiatan ini, wakil koordinator Blogger Tuban Iim Sahlan memberikan materi seputar TIK dan pemahaman tentang pemanfaatan TIK bagi pemuda di era global. Lebih lanjut Iim mengatakan, “Kita harus semangat dan aktif mendalami serta bergelut di bidang TIK, karena hal tersebut adalah kebutuhan pokok masa mendatang yang tidak bisa dielakkan lagi.”. “Dengan TIK pemuda pemudi Tuban di masa mendatang harus bisa menjadi yang terdepan untuk masa depan.” kata Iim.

Dalam kesempatan kali ini, iim menggiring peserta untuk peka dalam menyikapi era digital, serta semaksimal mungkin untuk mampu memanfaatkan teknologi ke arah positif.

Kendala yang dihadapi peserta pada workshop kali ini adalah Wifi Kecamatan tidak bisa digunakan, sehingga sebagian peserta yang tidak membawa modem tidak bisa mengikuti dengan maksimal. Menurut Kholil, Bendahara Karang Taruna Kecamatan Kerek ini menyampaikan bahwa keberadaan Wifi di Kantor Kecamatan ini merupakan bantuan dari salah satu perusahaan yang ada di Kerek. “Saya juga tidak tahu mas, sudah sekian lama Wifi di sini tidak bisa digunakan.” “Mungkin belum dibayar oleh pihak perusahaan,” ungkap Kholil sambil memandang kosong.

Usai menyampaikan materi, peserta diajak berdialog seputar TIK, disusul dengan regsitrasi keanggotaan Komunitas Blogger Tuban via online di www.bloggertuban.com

Rencananya di hari kedua besok, peserta akan mendapatkan materi Citizen Journalisme, dengan harapan dapat lebih maksimal dalam penggunaan TIK khususnya Blogging. Dengan kemampuan menulis yang didasari pengetahuan jurnalistik yang baik, masyarakat akan lebih siap menghadapi era keterbukaan informasi publik. Masyarakat tidak hanya menjadi konsumen informasi, akan tetapi juga mampu menjadi penyedia informasi yang layak untuk dibaca publik. (waf)