DPP Temukan Hewan Tak Layak Untuk Kurban

209
Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban saat memeriksa tempat penjualan hean kurban Nurul Hayat di Kelurahan Perbon Kecamatan/Kabupaten Tuban

kabartuban.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, melakukan pemeriksaan hewan kurban pada sejumlah tempat penjualan hewan, Jumat (9/8/2019).

Salah satu tempat yang di datangi tim kesehatan hewan Diskanak, yakni milik Nurul Hayat, di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban.

Dari pemeriksaan itu, ditemukan dari delapan ekor sapi yang ada, hanya tiga ekor yang dinyatakan Powel (memenuhi syarat untuk dijadikan kuran), selebihnya belum cukup umurnya untuk dijadikan hewan kurban.

Sedangkan untuk kambing ada beberapa yang dinyatakan cacat, seperti tidak lengkap anggota tubuhnya. Pihaknya memberi arahan kepada penjual, untuk tidak menjualnya, dan segera mengganti ke hewan kurban yang layak baik secara syariat maupun kesehatannya.

“Kita sudah himbau untuk menggantinya,” kata Raden Basoeki Tjahjono, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, DPP Kabupaten, di sela-sela pemeriksaan.

Basoeki juga menambahkan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap hewan kurban tidak lain untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

“Pemeriksaan yang kami lakukan mulai dari kesehatan kulit, mata, dan juga menghitung jumlah giginya. Untuk hewan kurban yang sehat sudah terlihat saat diamati dari luar saja,” terang Basoeki.

Hewan yang sehat, lanjut Basoeki salah satunya bisa berdiri tegak dan tidak gemetar. Sedangkan untuk pemeriksaan lebih detail yakni melihat matanya. Hal ini dilakukan untuk memastikan mata hewan kurban sehat dan tidak belekan. Kemudian untuk kondisi giginya, harus sudah berganti gigi dewasa.

Sementara itu, pengelola jualan Sapi Nurul Hayat, Ahmad Gholib Kamil, mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan pemahaman kepadanya. Untuk dikemudian hari menjadi pembelajaran, ketika memilihi hewan kurban yang akan dijual, dan memeriksa kondisi hewannya.

“Terima kasih kami ucapkan, dan ini ilmu baru bisa terapkan di tahun depan. Sedangkan ada temuan tadi, akan kami tukarkan. Karena ada pengepulnya,” sambungnya.

Sebatas diketahui, DPP Kabupaten Tuban telah mendata, jika jumlah stok sapi kurban di tahun 2019 sebanyak 20.159 ekor berkurang 1.674 ekor dibandingkan tahun 2018.

Kondisi berbeda pada stok kambing sebanyak 16.384 ekor. Jumlah tersebut ternyata bertambah 40 ekor dibandingkan kurban pada tahun 2018. (Dur/Rul)

/