Masker Sekali Pakai Bisa Disterilkan Lagi, Pakai Rice Cooker Seperti Ini

kabartuban.com – Masker semakin susah didapatkan, kalau bisa mendapatkan harus dengan harga mahal. Punya masker sekali pakai harus buang, besok bingung belinya lagi. Masker menjadi barang berharga sejak pandemi Virus Corona mewabah dunia.

Apalagi sejak Pemerintah pusat mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia pakai masker saat keluar rumah, masker kain menjadi alternatif. Selain masyarakat bisa membuatnya sendiri, masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali. Walaupun keefektifannya tidak seperti masker sekali pakai, namun tetap dapat meminimalisir penyebaran virus Corona di Indonesia.

Ada yang menarik, informasi tentang masker sekali pakai tersebut. Dilansir laman detikcom, Badan Pengawas obat dan Makanan (FDA) Taiwan, menyebutkan bahwa Rice Cooker dapat digunakan untuk mensterilkan kembali masker sekali pakai.

FDA Taiwan mejelaskan bagaimana metode membersihkan masker sekali pakai agar dapat digunakan kembali. Dilansir dari Koreaboo (8/4/2020), untuk membersihkan masker tersebut bisa menggunakan Rice Cooker yang biasa digunakan dalam menanak nasi.

Direktur Jenderal FDA Taiwan Wu Shou-mei dan Kepala Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC), Chen Shih-chung, memberi demonstrasi penggunaan Rice Cooker yang dapat membersihkan masker sekali pakai tersebut. Dalam peragaan itu disebutkan ;

Pertama yang Anda harus lakukan adalah memasukkan masker ke dalam Rice Cooker tanpa beras atau air. Lalu panaskan selama 3 menit dengan memencet tombol Rice Cooker jadi ‘cook’. Setelah itu diamkan terlebih dahulu selama 5 menit sebelum mengeluarkannya.

Langkah ini dikatakan oleh FDA Taiwan dapat mensterilkan masker dan memungkinkannya untuk digunakan kembali. Ini bisa dilakukan untuk jenis masker sekali pakai yang baru saja dipakai.

Hal tersebut juga berlaku untuk masker kain. Metode ini dirasa lebih baik daripada menggunakan disinfektan pada masker. Karena cairan disinfektan dapat merusak lapisan elektrostatiknya.

Metode ini pun didasari sebuah penelitian yang mengungkap proses memanaskan masker dalam rice cooker dapat menjaga efisiensi penyaringan bakteri di masker sebanyak 99%. Maksimal pemanasan hingga 5 kali. Hanya saja cara ini tidak berlaku untuk masker yang dipakai pasien penderita penyakit pernafasan akut.

Nah, informasi itu barangkali bisa kita coba untuk menghemat stock masker sekali pakai. Namun masyarakat yang sehat dan hanya untuk antisipasi, masker kain sudah cukup untuk bisa digunakan. Apalagi di Tuban, banyak masker kain diperjual belikan bahkan pengrajin pakaian batik banyak yang alih fungsi menjahit masker.

Artikel, Penulis : Koko Dwi R, Editor : Aidilla Winda P

Sumber data : info detikcom

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close