Peringatan HJT Ke 727, Sebagai Momentum Evaluasi Dan Peningkatan Prestasi

kabartuban.com – Berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Hari Jadi ke-727 Kabupaten Tuban berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Meski digelar dalam suasana pandemi Covid-19, upacara yang bertempat di halaman kantor Pemkab Tuban berlangsung dengan khidmat dan aman, Kamis (12/11/2020).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan peringatan HJT ke-727 menjadi momentum mengevaluasi program dan capaian Pemkab Tuban dalam memberikan pelayanan masyarakat Kabupaten Tuban.

Momentum HJT juga sekaligus menjadi perencanaan program strategis percepatan pembangunan mendatang menuju kabupaten Tuban maju dan sejahtera.

“Tema yang diangkat tahun ini adalah Kita Galang Kebersamaan Untuk Tuban Maju Sejahtera,” ungkapnya.

Perwujudan terhadap tujuan tersebut berupa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diperlukan sejumlah upaya, inovasi, dan terobosan diberbagai sektor dengan memaksimalkan setiap potensi yang ada.

Bupati Huda juga menyatakan Pemkab Tuban telah mengalami peningkatan berbagai sektor dan bidang yang diganjar penghargaan, mulai dari provinsi, swasta, maupun pemerintah pusat.

Seperti bidang peternakan, di kabupaten Tuban telah berhasil mencapai angka tertinggi kelahiran dan kebuntingan ternak se-Jawa Timur.

Begitu juga produksi pertanian yang melimpah, menjadikan Kabupaten Tuban sebagai lumbung pangan Jawa Timur dan Nasional.

“Tidak hanya itu, bibit jagung hasil pengembangan di kabupaten Tuban mampu menembus pasar internasional,” sambungnya.

Tata kelola pemerintahan kabupaten Tuban juga menorehkan capaian tersendiri untuk mendukung pelayanan masyarakat yang  prima, akuntabel, dan transparan. Hal tersebut dibuktikan Laporan Keuangan Pemkab Tuban tahun 2018 mendapat Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Raihan Opini WTP ini diperoleh Pemkab Tuban 5 kali berturur-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan RI dan Kementerian Keuangan RI. Berbagai capaian yang diraih membawa pengaruh terhadap kepuasan dan peningkatakan kesejahteraan masyarakat.

Tidak hanya itu, pada tahun 2019 Indeks Kepuasan Masyarakat mendapat predikat BAIK dengan skor 82,3, melebihi target sebelumnya sebesar 78. Persentase penduduk miskin juga berhasil diturunkan dari 15,31 persen di tahun 2018 menjadi 14,58 persen pada tahun 2019.

Bupati dua periode ini menegaskan capaian yang berhasil diraih hendaknya tidak mengendorkan semangat untuk berbakti pada Bumi Wali. Apa yang telah diraih dimaknai sebagai motivasi untuk terus memantapkan kompetensi diri yang dibalut dalam kerja keras, cerdas, ikhlas dilandasi kebersamaan dan sinergitas.

Bupati yang juga mustasyar PCNU Tuban ini menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama Forkopimda Tuban, OPD, swasta, dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tuban.

“Hubungan yang harmonis harus terus dirawat demi kemajuan Kabupaten Tuban di masa-masa berikutnya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, diserahkan juga penghargaan atas berbagai capaian dan prestasi lainnya. Penghargaan tersebut diantaranya Lomba Inovasi dan Lomba Gotong-Royong tingkat Kabupaten, prestasi di bidang kepemudaan, olahraga, maupun seni. Juga diserahkan bantuan berupa kendaraan operasional untuk Diskoperindag dan Tagana Tuban.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Wabup Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si.; Forkopimda Tuban; Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si.; pimpinan OPD dan Camat. Adapun peserta upacara berasal dari segenap karyawan Pemkab Tuban, personil TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub Tuban. (rls)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close