PPL Sekabupaten Tuban Dapat Pembekalan Pengawasan

kabartuban.com – Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se Kabupaten Tuban, mendapatkan pembekalan, pelaksanaan pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Acara yang di laksanakan di salah satu gedung, hotel bukit wilis, Kecamatan Jenu Tuban tesebut juga dihadiri sejumlah tamu undangan, seperti camat se Kabupaten Tuban, kapolres Tuban, komandan kodim dan bupati Tuban yang diwakili asisten pemerintahan kabupaten Tuban.

Ketua Panwaskab Tuban Masrukhin, dalam sambutanya mengatakan, PPL meupakan ujung tombak proses pengawasan pemilihan, karena yang bersinggungan langsung dengan masyarakat pemilik hak pilih dan proses pemilihan.

”Eksistensinya rekan-rekan sangat penting, untuk melaksanakan pengawasan pemilihan umum yang berkeadilan dalam Pilgub dan Pemilu tahun berikutnya,” kata Masrukhin.

Masrukhin berpesan, PPL harus berani mengingatkan penyelenggara pemilu jika ada dugaan pelanggaran atau kecurangan yang akan merusak proses demokrasi dalam pemilihan yang tengah berjalan.

“Sebelum melaksanakan tugas, Panwas Kab akan memberikan pembekalan kepada rekan-rekan setelah acara ini,” sambung Masrukhin.

Ditempat yang sama, Bupati Tuban Fathul Huda yang diwakili Asisten Pemerintahan Ahmad Amin Sutoyo, mengatakan, tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik yang diawali dengan pemilihan gubernur Jawa Timur, selanjutnya pada tahun 2019 pemilihan anggota legislatif dan Pilpres ditahun yang sama.

”Harapan kami sebagai Pemerintah pelaksana Pemilukada tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar tertib dan jurdil serta mampu menghasilkan pemimpin yang representatif dalam memimpin Jatim 5 tahun kedepan,” kata Fathul Huda dalam sambutanya yang dibacakan Amin Sutoyo Asisten Pemerintahan.

Bupati juga menyampaikan, dalam pelaksanaan tugas, PPL agar lebih berhati-hati dan harus mempunyai kemampuan teknis dalam pelaksanaan Pemilu terutama dalam hal komunikasi.

“Masihada waktu utk belajar dan memahami tentang aturan dan UU Pilkada,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tuban AKP Sutrisno HR yang hadi dalam acara tersebut juga turut memberikan pembekalan, terutama berkaitan dengan keamanan selama tahapan dan pelaksanaan pemilihan gubernur Jawa Timur.

”Keamanan tidak hanya tangungjawab petugas kepolisian, namun peran aktif masyarakat dibutuhkan dalam rangka menciptakan suasana aman tetib dan kondusif,” kata kapolres.

Kapolres berharap, pelaksanan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur berjalan lancar aman dan kondusif, termasuk pelaksanaanya di Tuban wilayah hukumnya.

“Mari jaga keamanan bersama, perbedaan dukungan tidak lantas menjadikan permusuhan, mari bersama sama sukseskan pemilihan gubernur Jawa Timur,” pungkas kapolres ini. (Luk)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker