PT Semen Indonesia 15 Tahun Istiqomah Gelar Manasik Haji

180

kabartuban.com – Hampir 15 tahun PT Semen Indonesia, Tbk memberikan fasilitas bimbingan manasik Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban  tahun 2019, di Graha Sandiya komplek perumahan Dinas Semen Gresik di Tuban, Senin (25/3/2019).

Senior president of production, Joko Sulistianto selaku manajemen dari perusahaan Semen Indonesia, dalam sambutannya mengatakan di tahun ini jumlah peserta bimbingan manasik haji sebanyak lebih dari 600 orang mereka berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Tuban sebagaimana pada pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini kami memberikan, selain manasik selama kali, kita juga menjemput para CJH dari tempat kecamatan masing-masing, bahkan besok ketika berangkat dan pulang haji,” kata Joko Sulistiyono, kepada awak media.

Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi yang terdiri dari 4 sesi penyampaian materi dan 1 sesi praktek dengan detil kegiatan sebagai berikut pertama yakni acara ceramah mengenai “Hikmah Haji” oleh Kyai Haji Ubaidillah Faqih dari Ponpes Langitan Tuban yang bersamaan dengan opening ceremony hari ini berikutnya adalah materi perihal serba-serbi haji yang disampaikan Kyai Haji Abdul matin jawahir dari Ponpes bejagung pada tanggal 29 Maret mendatang.

Selanjutnya di bulan April para calon jamaah haji akan diberikan materi thoharoh sholawat jamaah dan qashar yang akan disampaikan Kyai Haji Jalaludin dari Kecamatan Bulu pada tanggal 3 April 2019 Kemudian pada tanggal 10 April calon jamaah haji diberikan materi haji tamattu oleh Kyai Haji Ahmad Nurul Yaqin dari Tuban kota pada sesi terakhir para calon jamaah haji akan melakukan bimbingan untuk lakukan praktek haji tamattu di tanggal 14 April 2019 mendatang.

“Kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun diselenggarakan oleh perusahaan dan saat ini sudah ke 15 kalinya sejak tahun 2004 yang lalu hal ini merupakan bagian dari CSR perusahaan di bidang Semen Indonesia peduli,” tandasnya saat membuka acara.

Setiap tahunnya jumlah peserta kegiatan bimbingan manasik haji ini sedikitnya mencapai 75% dari total keseluruhan calon jamaah haji dari Kabupaten Tuban, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat tercipta harmonisasi antara perusahaan dengan instansi terkait dan masyarakat umumnya di wilayah Kabupaten Tuban.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong semangat employee volunteersm atau kesadaran personil karyawan untuk terlibat dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan melalui tim manasik haji Semen Indonesia yang selama ini terbentuk.

“Kami mengucapkan selamat kepada calon jemaah haji,yang sebentar lagi berangkat ke baitullah semoga mendapat haji yang mabrur,” tambahnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Indonesia yang memberikan fasilitas bimbingan haji selama ini, dan pihaknya meminta kepada calon jemaah untuk mengikuti lebih khidmat, karena manasik haji merupakan anjuran nabi untuk mempelajarinya. Karena ada beberapa hal yang perlu diketahui, kalau CJH dalam pelaksanaan ada yang rukunnya ditinggal, maka batalah hajinya.

“Hampir berlangsung selama 15 tahun ini berlangsung dan semoga istiqomah. Semen Indonesia sudah terkenal di Asia maupun dunia,” ucap Sahid dalam mengajak jamaah untuk mendoakan. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE