RPS Gelar Tasyakuran Hari Pers Nasional

564

kabartuban.com – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2016, perkumpulan wartawan yang Tuban yang berada di bawah naungan Ronggolawe Press Solidarty (RPS) menggelar tasyakuran sederhana yang juga diisi dengan aksi sosial donor darah, Selasa (9/2/2016).

Dalam sambutannya, Ketua RPS Khoirul Huda mengatakan, pada kegiatan HPN tahun 2016 ini RPS sengaja hanya menggelar secara sederhana, yakni hanya kegiatan sosial donor darah dan tasyakuran. Namun, RPS juga tidak melupakan kegiatan sosial lainnya yang rutin dilakukan dalam rangka HPN.

”Insya Allah pada 8 Maret 2016 mendatang kita akan melakukan tanam pohon dan santunan anak yatim yang akan dilaksanakan di Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabakan. Kegiatan ini masih dalam rangka kegiatan HPN,” terang, Huda.

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Wartawan Tuban Jalan Pramuka tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, SKPD, dan beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein dalam sambutannya menyatakan, pihaknya juga telah mengintruksikan kepada seluruh SKPD untuk dapat bekerjasama dengan baik, bersama seluruh wartawan yang ada di Tuban.

”Dinas-dinas itu juga harus terbuka dengan wartawan. Jika ada wartawan minta data ya tidak usah ditutup-tutupi. Nanti jika ada yang ditutup-tutupi pasti dicurigai ada apa-apa,” ujar orang nomor dua di Pemkab Tuban tersebut.

Lebih lanjut, Wabub Noor Nahar mengatakan, peran pres saat ini sangat vital. Sebagai salah satu pilar demokrasi Pres mempunyai tugas yang sangat penting sekali. Yakni, salah satunya mumpunyai tugas memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah melalui karya tulisannya.

”Wartawan ini juga sebagai kontrol pemerintah. Dan wartawan harus benar dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Apalagi pak Bupati juga sudah meminta kepada wartawan untuk menulis berita secara faktual dan apa adanya,” pungkasnya. (al/im) 

/