7 Bahaya Yang di Dapat Jika Tubuh Kekurangan Sayuran

29
Berikut efek buruk yang bisa dialami tubuh jika kurang makan sayur

Kabartuban.com – Seperti yang kita ketahui sayuran memang baik untuk Kesehatan, dimana selain kaya akan manfaat sayuran juga bisa diolah menjadi olahan makanan yang enak. Akan tetapi, tak semua orang menyukai sayuran.

Memberi peranan yang penting untuk tubuh, bahkan dapat menjadi menu utama yang harus ada dalam daftar makanan diet anda. Bahkan, tidak sedikit orang menyebut kurang makan sayur akan menimbulkan sejumlah efek negatif yang dialami tubuh.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut efek buruk yang bisa dialami tubuh jika kita kurang makan sayuran.

  1. Mood gampang berubah

Ketika tubuh diberikan nutrisi dan vitamin yang tepat dari makanan yang dikonsumsi, maka fungsi otak akan berjalan dengan baik. Hal ini juga berpengaruh terhadap suasana hati.

Dilansir dari Eat This Not That, sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Psychiatry Research juga menemukan hubungan antara pola diet dan risiko depresi, khususnya ketika melihat rendahnya asupan buah dan sayuran. Jika diet Anda tinggi daging olahan, biji-bijian olahan, permen, produk susu tinggi lemak, mentega, kentang, dan saus tinggi lemak tapi tidak makan cukup sayuran, risiko depresi meningkat secara signifikan.

2. Mudah lapar

Baik buah-buahan dan sayuran adalah sumber serat terbaik untuk tubuh. Tidak makan cukup sayuran, tubuh akan kekurangan sumber serat dan karbohidrat kompleks dan menyebabkan kita merasa lapar.

3. Masalah buang air besar

Serat merupakan nutrisi penting yang dapat melancarkan pencernaan. Memiliki jumlah serat  larut dan tidak larut yang sehat dalam makanan akan membantu buang air besar menjadi lancar.

4. Kesehatan kardiovaskular yang buruk

Menyeimbangkan kalium dan natrium adalah faktor kunci mengelola kesehatan kardiovaskular Anda. Makan banyak buah dan sayuran, yang kaya potasium, dapat membantu mengembalikan keseimbangan mineral ini.

5. Berat badan naik

Sayuran memiliki kepadatan energi yang relatif rendah, yang berarti menawarkan sedikit kalori. Saat Anda mengonsumsi sayuran ini bisa mencegah makan berlebihan.

6. Pencegahan kanker

Sayuran cruciferous terbukti memiliki efek pencegahan terhadap kanker. Dilansir dari News Medical Life Science, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food and Drug Analysis menemukan bahwa polifenol phloretin yang ada dalam apel menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

7. Dapat mengatasi masalah Kesehatan

Sayuran berdaun hijau dan buah-buahan berwarna mengandung karotenoid yang meningkatkan kinerja visual mata dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia.Hin

 

/