Ada Makam Saudari Sunan Bonang Tuban, Dikenal Ampuh !

kabartuban.com – Kabupaten Tuban cukup dikenal dengan sebutan Bumi Wali, mengingat banyak sekali sejarah perjuangan para Wali di Tuban, dan makam para Wali juga tersebar di hampir seluruh wilayah di Kabupaten Tuban. Salah satu makam Wali yang ada di Tuban adalah makam Wali Perempuan, yaitu Siti Syariah yang merupakan adik kandung dari Sunan Bonang Tuban.

Meskpiun tidak seramai makam Syeh Mahdum Ibrahim Sunan Bonang, makam Siti Syariah yang memiliki nama asli Nyai Ageng Maloko tersebut, hampir setiap hari dikunjungi peziarah. Bahkan sebagian peziarah punya maksud tertentu dengan kedatangannya di makam tersebut. Sebagian dari mereka mengatakan, berziarah dan berdoa di makam Siti Syariah ini cukup ampuh, berbagai hajat mudah dicapai setelah ziarah dan berdoa di makam ini, Jum’at (02/07/2021).

Juru kunci makam Siti Syariah atau Nyai Ageng Manyuro mengungkapkan, makam tersebut ramai hanya di saat tertentu saja, seperti mendekati bulan puasa dan malam Jum’at Wage. Pengunjung banyak yang berasal dari luar kota, dan kebanyakan dari mereka punya hajat tertentu.

“Awalnya ya sepi, terus sedikit-sedikit jadi berkembang, ramai-ramainya itu bulan rejeb, ruwah dan malam Jum’at Wage, apalagi sekarang masih musim covid, jadi cuma perorangan gitu yang masih sering, tapi kalau rombongan jarang,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, banyak orang yang datang ke makam Siti Syariah ini dengan maksud hajat tertentu. Beberapa kali tim redaksi Napak Tilas menjumpai orang berkhalwat di dalam makam tersebut.

Salah satu pengunjung yang berasal dari luar kota Tuban mengaku sengaja datang ke makam tersebut untuk berziarah dan berdoa di sana agar hajatnya dapat tercapai. Lelaku paruh baya tersebut tidak mau mengaku apa hajat yang dimaksudkannya.

“Saya orang jauh, di sini sudah dua hari, sengaja ke sini untuk ziarah dan ada hajat yang ingin saya minta sama Allah. Ada yang menyarankan datang ke sini, berkhalwat dan berdoa agar hajat saya terkabul,” kata lelaki yang tidak mau disebutkan namanya itu. (nat/dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close