APD Medis Corona Penuh, Pemkab Tuban Terus Disumbang

7
Pemkab Tuban Disumbang Bantuan APD Medis Corona Meskipun Cukup

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban menerima sumbangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk kebutuhan medis dalam penanganan wabah Corona di Kabupaten Tuban. Sumbangan berdatangan meskipun Bupati Tuban H. Fathul Huda telah menyatakan kesiapan Pemkab untuk mencukupi kebutuhan medis termasuk APD hingga ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Tuban. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Huda setelah Kabupaten Tuban ditetapkan sebagai Zona Merah Covid-19 dengan pasien yang positif terinfeksi Virus Corona dan meninggal dunia, Kamis 9 April 2020.

Pemkab Tuban menaikan alokasi anggaran yang sebelumnya 15 Miliar menjadi 60 Miliar, yang diambilkan dari anggaran tidak terduga dan refocusing anggaran. Anggaran tersebut kata Bupati Huda, akan digunakan untuk kepentingan medis dan sebagian untuk membantu masyarakat kecil yang terdampak sosial ekonomi dengan adanya Covid-19.

“Kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan COvid-19 akan dicukupi Pemkab Tuban. Alat medis dan APD tersebut akan didistribusikan ke seluruh Rumah Sakit, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya. Penambahan tenaga medis juga akan dilakukan,” terang Bupati Huda.

Pernyataan tersebut cukup untuk menunjukan kesiapan Pemkab Tuban dalam penanganan Covid-19 di Tuban, termasuk kebutuhan APD dan kebutuhan medis beserta anggarannya. Sebelumnya, Direktur RSUD dr. R Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi juga menyatakan hal yang sama, bahwa persoalan APD, sudah selesai dan Kabupaten Tuban sudah siap.

“Untuk APD di RSUD Tuban sudah ada solusinya, jadi kita sedang siapkan semuanya. Terkait anggaran APD tersebut sudah ada dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Untuk menutup kekurangan APD tersebut, kita sudah bekerjasama dengan salah satu industri yang memproduksi APD di Jombang,” ungkap Saiful, Rabu 01 April 2020.

Saat ini Gugus Tugas penanganan Covid-19 dan RSUD Tuban banyak menerima bantuan APD dari berbagai pihak. Setelah sebelumnya banyak bantuan ke masyarakat berupa Masker dan Hand Sanitizer, bantuan penyemprotan Disinfektan, berbagi sembako untuk tukang becak, dan saat ini RSUD Tuban dan Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Tuban menerima sumbangan dari berbagai pihak berupa APD.

Setidaknya ada sejumlah pihak yang tercatat memberikan sumbangan kepada RSUD Tuban. Diantaranya, Partai Gerindra yang memberikan Hand Sanitizer dan APD pada 30 Maret 2020. Kemudian Ranting GP. Ansor Koro PAC Merakurak Tuban memberikan APD Face Shield pada 3 April 2020.

Bantuan APD juga datang dari Relawan Tuban yang diserahkan ke RSUD Tuban pada 7 April 2020 dan dilanjutkan pendistribusian bantuan secara langsung ke seluruh Puskesmas se Kabupaten Tuban oleh relawan. Koordinator Relawan Humam mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut adalah murni untuk kemanusiaan, sebagai bentuk kepedulian para relawan Tuban untuk ikut andil dalam pencegahan virus corona di Kabupaten Tuban.

“Memang kita fokuskan kepada tenaga medis, karena yang sudah kita lihat kebanyakan orang yang positif terkena corona ini rata-rata malah tenaga medis sendiri, karena menangani secara langsung,” ujar Humam.

Lebih lanjut Humam menambahkan, Suplay APD untuk Puskesmas sangat tergantung dari Pemerintah Kabupaten, sehingga menjadi cukup lambat pendistribusiannya, oleh karena itu para relawan mencari alternatif.

Sumbangan kepada Pemkab Tuban berupa APD juga datang dari Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) yang diserahkan langsung kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban. Sumbangan 100 paket APD yang diserahkan pada 14 April 2020 tersebut dipesan dari Home Industri binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Budi Wiyana juga mengatakan, untuk ketersediaan APD di Kabupaten Tuban masih cukup hingga 3 bulan ke depan.

“Kami sudah melakukan alokasi, dan untuk kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) di Kabupaten Tuban cukup hingga tiga bulan ke depan, ungkap Budi Wiyana, Sekda Tuban.

Meskipun telah dinyatakan cukup, bantuan APD untuk Pemkab Tuban kembali berdatangan, selanjutnya dari Anggota DPR RI FPKB, Ratna Juwita Sari. Anggota DPR RI dari Dapil Tuban – Bojonegoro ini juga meluncurkan bantuan APD untuk Pemkab Tuban melalui Gugus Tugas penanganan Covid-19.

Didampingi Ketua DPRD Tuban Miyadi, Ratna Juwita Sari memberikan bantuan berupa 350 unit baju Hazmat dan 500 masker medis, dan diterima oleh Sekda Tuban Budi Wiyana. Sekda kembali menegaskan ketersediaan APD di Tuban cukup hingga tiga bulan kedepan, namun tidak menolak ada sumbangan APD yang ada.

“Dengan begitu, ketersediaan APD di Kabupaten Tuban semakin tercukupi,” imbuhnya.

Bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban juga datang dari Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field yang beroperasi di wilayah Kabupaten Tuban. Pihak Pertamina EP tersebut memberikan bantuan berupa Hand Sanitizer, masker dan sabun cuci tangan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Jumat 17 April 2020. (im/dil)

/