Bang Ali Konsisten Ternak Kambing Belasan Tahun, Kambing Qurban Dijual Online

64
Bang Ali, Peternak kambing Tuban

kabartuban.com – Usaha peternakan kambing sampai saat ini masih cukup potensial untuk digeluti. Kebutuhan daging kambing masih cukup besar di pasaran, selain itu ada beberapa momen dalam adat religiusitas masyarakat kita yang sangat mendorong potensi penjualan kambing. Mulai dari aqiqoh hingga momen Hari Raya Qurban seperti yang akan tiba dalam waktu dekat.

Salah satu peternak kambing di Tuban, Bang Ali telah berhasil menunjukkan konsistensinya dalam menggeluti peternakan kambing selama belasan tahun. Tidak hanya kambing jawa dan domba untuk kambing potong, Bang Ali juga mengembangkan peternakan kambing perah.

Saat ini pria asal Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban, memiliki lebih dari 30 ekor kambing yang dikembangbiakkan di dalam kandang. Pengusaha peternakan kambing ini memulai usahanya sejak tahun 2011 dengan modal hanya dua ekor kambing saja.

“Awal mulanya, saya menjadi peternak kambing itu dikarenakan saya dulu hobi merawat kambing dan akhirnya gimana caranya supaya bisa berkembang tidak hanya dari merawat saja saya langsung terjun jual beli. Jadi saya branding sekaligus jual beli,” ungkap Ali, Rabu (22/05/2024).

Lebih lanjut, Ali mengatakan bahwa usaha peternakannya itu kini telah memiliki beberapa mitra, dari teman-temannya sendiri dan beberapa orang yang tertarik untuk bekerja sama membuat kandang. Kemudian, Ali mengisi kandang-kandang mitra tersebut dengan kambing miliknya.

“Saya yang mengisi, setelah ngisi kan ada penggemukan ada bibitan branding nanti saya yang ambil dan saya yang jual atau jadi suplayer,” ujarnya.

Pada momen menjelang Hari Raya Idul Adha kali ini, Peternakan Bang Ali fokus untuk penjualan kambing qurban. Ali mengaku telah mempersiapkan stok sekitar 200 kambing yang ada di mitranya, mulai harga Rp 3jt hingga harga Rp 10 jt, melalui penjualan langsung di pasar dan sistem online untuk penjualan antar kota.

Sementara itu Minar, salah satu pedagang kambing di pasar hewan Tuban menyatakan penjualan kambing qurban pada tahun ini terlihat mengalami penurunan, tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“untuk saat ini penjualan kambing di pasar mengalami penurunan dan masih sepi pembeli mas, mungkin karena Hari Raya Qurban masih agak lama, biasanya H-7 Hari Raya Qurban itu baru ramai para pembeli,” kata Minar saat ditemui wartawan kabartuban.com di Pasar Hewan Tuban. (fah/zam/zum)

/