Bangunan Wisata Perut Bumi Longsor

1143
Salah satu bangunan yang rusak parah

kabartuban.com-Tiga bangunan rumah dan 13 toilet umum yang berada di kawasan wisata Goa Perut Bumi, Dusun Wire, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban longsor hingga kedalaman tiga meter

Dari data yang dihimpun kabartuban.com, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (20/2/2017) sekira pukul 22.30 WIB, hingga mengakibatkan 1 rumah beserta toko bangunan milik Antok (49) rusak parah.

“Awalnya terjadi seperti gempa, tapi tidak berselang lama, tiba-tiba rumah ini langsung ambles,”ungkap Antok saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (21/2/2017).

Selanjutnya, Antok mengaku saat peristiwa tersebut terjadi, dia bersama Indah istrinya sedang tidur di kamar rumah yang tempatnya tidak jauh dari lokasi wisata Gua Perut Bumi.

Akibat guncangan yang cukup keras, perabotan rumah tangga pada roboh dan porak poranda. Namun masih untung dalam peristiwa nahas tersebut tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, hanya saja luka pada bagian punggung, karena terjebak di dalam rumah,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Semanding, Eko Julianto saat dimintai keterangan menyatakan,  peristiwa tersebut diduga karena intensitas hujan yang tinggi dan di bawah rumah tersebut terdapat goa bekas pembuangan sampah.

“Di bawah rumah tersebut ada rongga goa bekas pembuangan sambah, sehinga dengan intensitas hujan tinggi mengakibatkan kontur tanahnya menjadi lembek,” katanya.

Selanjutnya, pihaknya akan segera mengungskan para korban demi keamanan, dan akan membicarakan  peristiwa tersebut besama Muspika dan pengelola wisata.

“Kami bahas juga mengenai parkir liar yang berada di kawasan wisata perut bumi,” jelasnya. (har)

 

/