Bank Jatim Berikan Dana LPDB Guna Dukung Pengembangan UMKM

600
Image by bankjatim.co.id

kabartuban.com – Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat dunia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bumi Wali semakin berkembang. Dalam hal ini, Bank Jawa Timur (Jatim) memberikan pinjaman dana bergulir untuk para pelaku usaha atau yang disebut dengan  Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB) dengan bunga 10,5 %.

“Program LPDB tersebut kita tujukan untuk UMKM yang berbasis produksi, sehingga nantinya para pelaku usaha tersebut bisa berkembang,” terang Imam Baidowi selaku PGSPBU Bank Jatim kepada kabartuban.com, saat ditemui diruangannya, Senin (13/6/2016).

Imam melanjutkan, LPDB tersebut  dibentuk dengan tujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kemampuan, baik secara kuantitas maupun kualitas UMKM agar semakin maju dan berkembang, sehingga memiliki competitive advantage dalam persaingan pasar dalam negeri maupun global.

“LPDB tersebut dibentuk baru satu bulan, sekarang kita masih tahap konsolidasi dengan Disperindag,  belum tahap sosialisasi,” paparnya

Dikatakan oleh Imam, dana  LPDB tersebut bukanlah dana hibah ataupun dana cuma-cuma, melainkan dana yang bersifat kredit yang diberikan secara bergilir kepada UMKM. Dana ini adalah bentuk stimulus pemerintah kepada masyarakat. Agar masyarakat mampu mengembangkan usaha melalui modal yang diberikan oleh LPDB.

“Dana LPDB tersebut dibatasi sampai 200 debitur, dengan sifat kredit yang lebih murah,” tegasnya.

Imam berharap, dengan adanya dana LPDB bisa membantu mengembangkan dunia UMKM, dengan demikian roda UMKM bisa berkembang dengan cepat. (har)

/