Beberapa Amalan Istimewa Di Hari Lahir Nabi Muhammad SAW, Sebagai Berikut

56
foto: perbanyak membaca Al-qur'an saat peringati hari maulid Nabi Muhammad SAW (Dok. Istimewa)

kabartuban.com – Memasuki moment peringatan maulid Nabi atau hari lahir Nabi Muhammad SAW umat Islam akan bersukacita dalam menyambutnya. Terdapat beberapa amalan Maulid Nabi yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Beberapa amalan ini tentunya akan mendatangkan pahala serta kebaikan bagi siapa saja yang mengerjakannya, Jum’at (07/10/2022).

Seperti yang diketahui, bulan Rabiul Awwal adalah bulan yang bersejarah serta dimuliakan oleh seluruh umat Islam. Pada bulan Rabiul Awwal, tepatnya di tanggal 12 tahun gajah, junjungan kita Nabi Muhammada SAW dilahirkan. Tak hanya itu, di bulan Rabiul Awwal mempunyai banyak sekali keistimewaan salah satunya yaitu Nabi Muhammad SAW melakukan Hijrah dari Mekah ke Madinah.

Baca Juga: Kapolri Ungkap Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan Malang

Sebagai wujud rasa cinta umat muslim terhadap Rasulullah SAW, maka sebaiknya kita memahami dan melakukan sejumlah amalan yang dapat dikerjakan pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW tiba.

Dikutip dari berbagai sumber berikut amalan yang bisa dilakukan pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW antara lain:

  1. Memperbanyak Membaca Sholawat Nabi

Membaca sholawat menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan Ketika perayaan Maulid Nabi. Diantara beberapa bentuk, bacaan sholawat nabi yang utama serta dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu:

          Allahumma shalli’ala Muhammad wa’ala ali Muhammad, kamma shallaita ‘ala    Ibrahim w’ala aali Ibrahim, innaka Hamidun Majid. Allahumma bari ‘ala       Muhammad    wa’ala ali Muhammad barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, Innaka Hamidum       Majid. 

  1. Membaca Al-Qur’an

Amalan Maulid Nabi selajutnya yaitu membaca Al-qur’an, dalam perayaan maulid Nabi, umumnua akan diisi dengan pembacaan ayat Al-qur’an terutama ayat-ayat yang berhubungan dengan kehadiran atau diutusnya Rasulullah SAW sebagai pencerah untuk seluruh umat sekaligus sebagai rahmat bagi alam semesta.

  1. Memperbanyak Sedekah

Amalan Maulis Nabi selanjutnya adlah dengan memperbanyak sedekah kepada orang yang membutuhkan ataupun fakir miskin. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Muslim khususnya di Jawa, setiap memasuki tanggal 6 Rabiul Awal biasanya mereka akan membagikan makanan seperti buah, sedangkan di tanggal 12 Rabiul Awwal mereka akan memeriahkan dengan cara takiran atau selamatan dengan membagikan hidangan makanan ke warga sekitar.

  1. Melakukan Puasa Sunnah

Amalan Maulid Nabis yang sangat dianjurkan yakni menjalankan ibadah puasa Sunnah seperti Senin- Kamis, seperti yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Selain bisa menyehatkan jiwa, memperbanyak menjalankan ibadah puasa sunnah juga akan semakin memperkuat keimanan dan ketakwaan umat islam.

  1. Memperbanyak Amal Kebaikan

Bagiumat muslim, alangkah bainya jika melakukan amalan yang baik, jangan sampai semua amalan tidak di ridhoi oleh Allah SWT. Orang Islam zaman dahulu mengatakan jika di bulan kelahiran Nabi Muhammad, pantang hukumnya untuk melakukan segala bentuk maksiat.

Naha itulah bebeapa amalan Maulid Nabi yang penting diketahui serta dikerjakan oleh setiap umat Islam. Semoga menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. (nat)