Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan Untuk Merawat Kesehatan Mata Agar Tidak Mengalami Mata Minus

48
ilustrasi kesehatan mata

kabartuban.com – Mata adalah panca indera manusia yang sangat penting/esensial. Namun kenyataannya kita masih sering lupa untuk melakukan perawatan mata, padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah Kesehatan. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh udara yang tidak bersih atau terpolusi, radiasi sinar matahari, radiasi akibat terlalu lama didepan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya.

Berikut beberapa tips menjaga Kesehatan mata

  1. Periksa mata setiap 12 bulan, masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah, sebaiknya dihindari memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok karena dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.
  2. Kacamata anti-UV, kacamata yang baik dapat mencegah terjadinya kerusakan mata. Ketika membeli kacamata pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV
  3. Nutrisi untuk mata, Vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.
  4. Penggunaan cahaya yang cukup, arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping.
  5. Istirahatkan mata, hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian didepan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya Kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.
  6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik, tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata dan ada juga yang beresiko merusak mata.
  7. Jika memakai lensa kontak maka rawatlah dengan baik, setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya.
  8. Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah , semakin lama memakai lensa kontak anda maka semakin tinggi resiko mata anda terkena infeksi

Baca juga :Lapas tuban berikan penghargaan kepada pegawai di puncak hdkd ke 77 tahun 2022

9. Gunakan filter monitor, untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer untuk mendapatkan filter yang baik.

10. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat didepan komputer, jika harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Hal ini agar tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca dilayar monitor.

/