Belajar Sambil Berwisata Edukasi di Goa Akbar Tuban

36
Goa Akbar, Tuban.

kabartuban.com – Goa Akbar merupakan salah satu destinasi objek wisata di Tuban, letaknya sendiri ada di Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Objek wisata ini terletak di jalan Semarang-Surabaya, tepatnya di belakang Pasar Baru Tuban, untuk lokasinya sendiri juga berada tepat di seberang Terminal Wisata Tuban, sehingga ini sangat memudahkan pengunjung untuk menemukannya.

Ada beberapa versi yang mengatakan asal-usul nama Goa Akbar ini. Versi pertama mengatakan bahwa nama “Akbar” diambil dari nama tanaman abar yang tumbuh di mulut goa, ada juga versi yang mengatakan bahwa nama “Akbar” berasal dari kata “Ngabar” yang dalam bahasa jawa kuno adalah “Latihan”. Versi kedua ini diambil dari cerita turun temurun masyarakat bahwa dahulu goa ini digunakan oleh para prajurit Ronggolawe untuk latihan. Dan versi lainnya mengatakan bahwa asal-usul nama “Akbar” berasal dari ucapan Sunan Bonang saat pertama kali mengunjungi goa, yaitu “Allahu Akbar”.

Beberapa tempat di Gua Akbar dipercaya sebagai tempat Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang pernah bertapa. Seperti ceruk yang diberi nama Pasepen Koro Sinandhi, yaitu tempat pintu yang dirahasiakan.

Diceritakan, konon Sunan Bonang mengetahui goa ini karena diajak Sunan Kalijogo yang saat itu masih bernama RM Sahid. Sehingga beberapa tempat di Goa Akbar akhirnya dipercaya sebagai tempat perjalanan religius Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang, di samping wali-wali yang lain.

Legenda yang terkandung dalam goa itu pun berpadu dengan kepercayaan dan perkiraan sejarah. Seperti tempat yang terdapat di depan musholla dalam goa dimana terdapat ruang yang sangat luas. Tempat ini, dikenal sebagai Paseban Wali yang dipercaya dulunya digunakan oleh para walisongo untuk berkumpul dan menyampaikan fatwa dan ajaran agama Islam.

Ditambah dengan adanya batu-batu besar yang terletak di bagian depan ruang, seakan menjadi podium bagi pembicara. Ada pula batu yang disebut Gamping Watu Nogo yang dipercaya sebagai tempat pertapaan Sunan Kalijogo. Di bawah batu yang menjorok ke depan itu terdapat kolam.

Menurut cerita, selain tapak Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang, ada Sunan Bejagung yang juga pernah bertapa di goa ini.

Goa Akbar ini juga memiliki pesona keindahan yang layak sekali dijadikan tempat wisata edukasi, karena tidak hanya beriwisata saja untuk mengisi libur akhir pekan bersama keluarga maupun orang terdekat. Akan tetapi, dapat menyerap ilmu-ilmu di dalamnya. (hin/tul)