Bersepeda Jadi Gaya Hidup Menyehatkan

824
para pecnta olahraga bersepeda yang tergabung Komunitas Onthel Cangan

Kabartuban.com- Sehat adalah dambaan setiap orang, namun kebanyakan orang menganggap aktifitas fisik dan olahraga adalah hal membosankan. Agar tetap sehat dan menyehatkan, banyak orang yang menjadikan kegiatan fisik sebagai hobi, salah satunya adaah olahraga bersepeda.

Belakangan bersepeda menjadi pilihan banyak orang untuk tetap menjaga kebugaran. Mereka bahkan menjadikan bersepeda sebagai hobi, dan dengan memodifikasi sepeda mereka menjadi lebih senang agar kegiatan olah raga tidak membosankan.

Zainul Arifin, Ketua Komunitas Onthel Cangan mengatakan, agar olahraga bersepeda menjadi kegiatan yang tidak membosankan, komunitas biasanya akan melakukan aktifitas bersepeda ketempat-tempat baru baik on road (dijalan umum) maupun off road yang sedikit ekstrem (Menantang) di daerah bukit.

“Biar asik mas, berolahraga jadi tidak membosankan, kadang juga sedikit menantang di hutan atau daerah yang ngak umum,” katanya.

Ia lebihlanjut menjelaskan, Komunitas Onthel Cangan sendiri beranggotakan beragam latar belakang, mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), Guru, karyawan perusahaan hingga pedagang yang seluruhnya memiliki hobi bersepeda.

“Anggotanya macam-macam, ada guru, PNS, pedagang pokoknya banyak, tidak hanya dari Desa Pucangan, desa tetangga juga menjadi anggota Komunitas Ontel cangan,” terang Zainul Arifin.

Sementara itu, anggota komuitas lainya, Widi mengatakan, jika bersepeda saat ini bukan sekedar olahraga, tapi juga sudah menjadi gaya hidup, salah satunya terlihat dari cara pecinta sepeda merawat sepeda dengan di modifikasi sedemikian rupa. Tidak sedikit dari mereka bersedia mengeluarkan kocek tidak sedikit demi mendapatkan sepeda dengan penampilan yang di inginkan.

“Sepeda sudah menjadi gaya hidup sekarang, jika dahulu hanya alat olahraga atau kendaraan sekarang juga jadi hobi,” kata Widi.

Saat ditanya bagian yang kerap dimodifikasi pada sepeda, Pria dua anak yang juga seorang tenaga pendidik ini mengatakan, stang (kemudi), kaki-kaki (roda) serta bagian (spees) kecepatan adalah hal yang paling sering dimodifikasi oleh penghobi sepeda, tujuanya agar saat dikendarai sepeda menjadi lebih nyaman dan tampil elegan.

“Paling banyak stang dan kaki-kaki sepeda, seperti roda atau ban yang biasanya diganti lebih besar. Ini akan membuat penampilan sepedah lebih garang,” katanya.

Widi sendiri juga merombak hampir seluruh bagian sepeda miliknya, mulai dari Crank (gir depan), stang, roda hingga suspensi sudah dirombak sedemikian rupa. Itu semua untuk mendukung kegemaranya bersepeda ekstrem (off roar). (Lk)

/