BMKG Prediksikan Kemarau Segera Tiba, BPBD Tuban Tidak Bisa Jelaskan Kesiapan Pemkab

4
foto ilustrasi kekeringan

 kabartuban.com- Suhu panas yang terjadi akhir-akhir ini diprediksi sebab akan terjadi musim kemarau, sebab menurut Kepala BMKG Tuban, Zem Arianto Padama posisi matahari sudah berada di utara garis khatulistiwa, Rabu (18/05/2022).

Berdasarkan data BMKG, sudah ada beberapa daerah yang telah memasuki musim kemarau. Adanya musim kemarau ini ditandai dengan fenomea hujan yang berkurang dan suhu terasa panas dibanding biasanya.

“Sangat wajar apabila kondisi siang hari sangat panas karena tidak ada pertumbuhan awan juga meningkatnya suhu yang dirasakan pada awal Mei ini karena pengaruh gerak semu matahari dan juga dominasi cuaca cerah yang biasa terjadi di awal dan puncak musim kemarau,” ungkapnya.

Selain itu, pada ZOM 151 yaitu daerah sebelah selatan dan tenggara wilayah Kabupaten Tuban terjadi pada April dasarian III. Akan tetapi, dari hasil monitoring hari tanpa terlihat di beberapa wilayah Kabupaten Tuban yang masih berpotensi hujan terutama pada ZOM 151 yaitu wilayah selatan, tenggara, dan Sebagian wilayah di Bagian Timur Tuban.

Lebih lanjut Kepala BMKG yang akrab dipanggil Zem itu mengatakan, ketika musim kemarau terjadi bukan berarti tidak ada potensi turun hujan, masih memiliki potensi hujan namun dengan jumlah curah hujan selama I Dasarian (10 harian) berskisar kurang dari 150 mm.

“Musim kemarau bukan berarti tidak akan turun hujan, tetap ada kemungkinan hujan namun dengan jumlah curah hujannya selama I Dasarian, berkisar kurang dari 50 mm dan diikuti II dasarian berikutnya,” jelasnya.

Terakhir, Kepala BMKG ini juga memberikan himbauan kepada daerah-daerah yang berpotensi kekeringan air saat terjadi musim kemarau seperti, menghemat penggunaan air, tidak membakar sampah sembarang (ditinggal) sebab menurutnya hal ini dapat memicu percikan api dan menimbulkan kebakaran.

Sementara itu, hingga saat ini Kepala BPBD Tuban belum dapat memberikan keterangan tentang kesiapan Pemerintah Kabupaten Tuban dalam menghadapi musim kemarau. Kepala BPBD Tuban bersama jajarannya tidak mampu memberikan penjelasan tentang kesiapan Pemkab Tuban dalam menghadapi berbagai potensi bencana di musim yang akan datang. (Hin/Im)