Buah-Buahan Ini Tumbuh Liar, Tapi Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

14
Foto ilustrasi/internet

kabartuban.com – Tak banyak diketahui namun mudah dijumpai, buah-buahan liar yang sering tumbuh di berbagai rerimbunan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa beberapa buah ini mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi.

Berikut adalah beberapa buah-buahan kecil dengan berbagai khasiat yang mungkin tumbuh liar di sekitar Anda dan aman untuk dikonsumsi:

  1. Murbei
    Buah murbei tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan memiliki rasa manis, tekstur lembut, dan berair. Kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat cedera atau infeksi. Murbei juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Buah murbei dapat membantu meredakan kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau mengolahnya menjadi selai, jus, atau pie buah.
  2. Ciplukan
    Buah ciplukan yang berwarna jingga kekuningan ini termasuk ke dalam tanaman herbal yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, B1, B2, B3, dan karotenoid. Manfaat buah ini antara lain mengatasi peradangan, meningkatkan imunitas tubuh, menambah darah, menurunkan kadar kolesterol, menjernihkan penglihatan, dan meningkatkan kesehatan otak.
  3. Rambusa
    Buah rambusa mudah ditemukan di daerah perkebunan, padang rumput, pinggir jalan raya, dan tanah kosong. Selain daunnya yang dapat digunakan untuk mengobati gangguan saraf, anti osteoporosis, anti hipertensi, penyakit ginjal, dan diabetes melitus, buah rambusa juga memiliki banyak manfaat. Buah ini mengandung antioksidan, banyak mineral, vitamin C, dan serat. Manfaatnya antara lain mengatasi anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menjadi sumber kolagen, menjaga kesehatan kulit dan gigi, mengatasi penyakit jantung, dan menyehatkan rambut.
  4. Takokak
    Takokak sering dijumpai di semak-semak dan hampir seluruh bagiannya dipenuhi duri, kecuali bagian buahnya yang diselimuti rambut. Biasanya digunakan sebagai lalapan dan bahan tambahan dalam masakan. Takokak mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin C. Senyawa polifenol dalam takokak berupa flavonoid dan fenol memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan anti diabetes. Takokak juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit, meredakan asam lambung, mencegah efek samping obat anti-kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Buah Tinta
    Buah ini berwarna hitam dengan ukuran kecil dan dapat tumbuh subur di berbagai tempat tanpa perlu dibudidayakan. Meskipun mengandung racun, buah ini masih aman dikonsumsi jika tidak berlebihan dan sesuai porsi yang benar. Buah tinta mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, natrium, vitamin A, vitamin C, B1, B2, dan B3. Dalam porsi yang tepat, buah ini dapat membantu menjaga metabolisme tubuh, mencegah anemia, menyehatkan gigi dan mata, serta mencegah sariawan. Buah tinta juga mengandung antioksidan dan antikanker yang baik bagi tubuh.

Meskipun buah-buahan liar ini memiliki banyak khasiat, penting untuk mengetahui manfaat dan efek samping yang mungkin ditimbulkan sebelum mengonsumsinya. Pastikan juga pengolahan dan kebersihannya untuk mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (za/zum)

/