Buntut Tagline Paslon pada Beras BPNTD, Bawaslu Lakukan Pengecekan ke Dinsos P3A PMD

kabartuban.com — Usai ramai isu Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) bertuliskan visi salah satu Pasangan Calon (Paslon) di masa kampanye menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Tuban 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tuban mendatangi kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos P3A PMD) Kabupaten Tuban untuk melakukan pengecekan dokumen pendistribusian Bantuan Sosial (Bansos) tersebut, Senin (21/10/2024).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Tuban, Mochamad Sudarsono menyampaikan bahwasanya Beras Bansos 10 kilogram itu memang sudah memiliki desain bertuliskan “Mbangun Deso Noto Kutho” sejak tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk hasilnya tadi kita sudah diberi dokumennya, memang desainnya dari sebelum tahun ini ya, tahun-tahun lalu memang seperti itu,” papar Sudarsono.

Disampaikannya, sebelum berita ini ramai di kalangan masyarakat, Bawaslu Tuban telah melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menjaga kondusivitas dan netralitas saat momen kampanye berlangsung.

“Jangan sampai ada (tindakan) dari instansi yang cenderung menguntungkan atau merugikan Pasangan Calon,” tambah pria yang akrab disapa Nonok itu.

Kedepannya Bawaslu Tuban masih akan mengkaji untuk memastikan apakah ada unsur pelanggaran dalam kasus kali ini. Sudarsono menyampaikan bahwa masih akan ada pengecekan untuk memberikan laporan kepada pimpinannya.

Ia juga memberikan tanggapan positif terkait penghapusan slogan “Mbangun Deso Noto Kutho” dari Beras BPNTD yang didistribusikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

“Ya bagus, karena membuat suasana kondusif, tidak gaduh. Kalau di awal kan sama-sama kita ketahui, menimbulkan kegaduhan juga kan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Sugeng Purnomo selaku Kepala Dinsos P3A PMD mengaku menghapus tulisan yang sempat membuat ramai di kalangan masyarakat agar tidak menimbulkan polemik lebih lanjut.

“Ya kita hapus tagline-nya aja, intinya kita sebagaimana harapan dari Bawaslu, kan Pemilu adem ayem,” pungkas Sugeng Purnomo. (za)

Populer Minggu Ini

Remaja Jatirogo Tewas Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Miras

kabartuban.com -- Akibat sering mengonsumsi miras, remaja asal Jatirogo...

Atlet Lemkari Dojo Kodim 0811/Tuban Kantongi Tiga Medali Emas

kabartuban.com -- Tiga Atlet Lemkari Dojo Kodim 0811/Tuban berhasil...

Debat Publik Pertama Pilkada Tuban 2024 Berlangsung Tegang

kabartuban.com -- Debat perdana Calon Bupati dan Calon Wakil...

Debat Perdana Cabup-Cawabup Tuban Fokuskan Kesejahteraan Masyarakat dan Kemajuan Daerah

kabartuban.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban menggelar debat...

Pengendara Motor Terlibat Lakalantas dengan Truk Tronton Setelah Tabrak Gundukan Tanah Proyek

kabartuban.com -- Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi sekitar pukul...
spot_img

Artikel Terkait