Bupati Membuka Pawai Budaya Nusantara

1007
pawai1
Bupati Tuban H. Fathul Huda saat memberikan sambutan pelepasan Pawai Budaya Nusantara, Selasa (11/8/2015)

kabartuban.com – Bupati Tuban H. Fathul Huda membuka Pawai Budaya Nusantara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 70, yang diikuti oleh 29 regu dari SMP / MTs dan SMA / MA yang ada di Kabupaten Tuban. Regu pertama dalam Pawai ini diberangkatkan oleh Bupati Huda sekitar pukul 13.30 WIB, Selasa (11/8/2015).

Dalam sambutannya, Bupati Huda mengatakan, “Saya mengucapkan terimakasih dengan semua yang ikut. Kegiatan ini akan membangun patriotisme dan membuat kita mengenal budaya nusantara,” tutur Bupati yang juga ditemani Wakil Bupati serta seluruh jajaran SKPD.

Dihadapan peserta dan warga yang memadati lokasi pemberangkatan, orang nomor satu di Tuban itu juga berpesan agar semua pihak menjaga ketertiban. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. “Lakukan semua dengan tertib dan penuh hikmah, dan jangan sampai mengganggu orang lain,” ujar Bupati Huda.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan yang juga merupakan Kepala Bidang SMP/SMA/SMK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Nur Hamid menyatakan, “Pawai Budaya Nusantara ini sudah kita tata semua, semoga sesuai rencana dan berjalan dengan baik,” ucap Nur Hamid.

Menurutnya, sempat ada wacana kegiatan pawai ini diselenggarakan pagi hari, karena Bupati Huda menginginkan bahwa, jangan sampai peserta pawai yang muslim meninggalkan sholat gara – gara pawai. Namun dengan berbagai pertimbangan, pawai tetap diselenggarakan siang hari.

“Tahun kemarin, saat waktu maghrib tiba, peserta masih di jalan. Makanya ini kita atur, termasuk hal itu menjadi alasan penampilan group drum band hanya ada satu, yaitu dari MTsN Tuban,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kabartuban.com menyebutkan, Pawai Budaya Nusantara ini melewati jalur Jl. RA. Kartin, Jl. Veteran, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Sunan Kalijaga, dan kemudian finish di GOR Tuban. (im)