Cabor Voli Pantai Pertama Kali Diselenggarakan dalam Porkab Tuban 2016

946

kabartuban.com – Dalam ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban IV 2016, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban menggelar Cabang Olahraga (Cabor) Voli pantai. Cabor yang baru pertama kali digelar tersebut  diadakan di Mangrove Center Tuban.

“Ada 20 tim dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, jumlah tersebut termasuk tim putra dan putri,”ungkap Didik Tri Purwanto, selaku Panitia Cabor Voli Pantai dan Pelatih Klub Bumi Wali kepada kabartuban.com, Kamis (27/10/2016).

Masih terang Didik, pertandingan yang rencananya digelar selama tiga hari tersebut mendapat antusias dari peserta yang sangat tinggi, mengingat tahun ini cabor voli baru pertama kali digelar.

“Peminatnya untuk Cabor Voli Pantai sudah merata, jadi itu rata-rata kan sudah ikut klub Tuban Bumi Wali, setiap Kecamatan ada dan anak-anak lainnya sudah ada ikut pertandingan tingkat Nasional,” Jelasnya.

Dikatakan oleh Didik, masing-masing tim terdiri dari 2 orang tanpa pemain cadangan dan tanpa coach yang mendampingi, cara tersebut melatih kemandirian kepada peserta Cabor Volly Pantai agar tidak bergantung pada coach.

“Voli Pantai itu tanpa cadangan dan tanpa coach, coachnya harus diluar lapangan, karena supaya anak belajar mandiri, nanti coach itu kerjanya waktu latihan saja,” tuturnya.

Didik menambahkan, saat perlombaan Voli Pantai dimulai akan diputarkan lagu agar peserta lomba belajar fokus. “Makanya ini diputarkan musik itu supaya mereka fokus. Jadi dia ditekan panas, ditekan pasir yang kadang meleset trus ada musik itu anak biar belajar fokus,” tutupnya.(dil/har)

/