Cegah Stunting, TP PKK Tuban Gelar Pembinaan Anak Remaja dan Karang Taruna

124
TP PKK Tuban saat gelar pembinaan anak remaja dan karang taruna

kabartuban.com – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tuban melalui Kelompok Kerja (Pokja) 1 menggelar pembinaan anak remaja dan karang taruna dengan tema Pencegahan Stunting melalui Cegah Pernikahan Anak (Cepak) di ruang pertemuan PKK setempat, Selasa (27/09/2022)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut ketua Pokja 1 PKK masing-masing kecamatan bersama perwakilan karang taruna desa dengan total peserta 60 orang.

Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Hart Novembria Agung T W., dalam keterangannya mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka pembinaan karakter keluarga dari program Pokja 1, dengan sasaran generasi muda.

“Ini berkaitan dengan program kita terkait stunting, sehingga generasi muda diharapkan mempersiapkan pasangan yang akan menikah demi memiliki generasi selanjutnya yang lebih tangguh,” tuturnya.

Sehingga, sambung dia, TP PKK menghadirkan narasumber dari generasi muda dan kalangan milenial dalam hal ini Karang Taruna Kabupaten Tuban. Jadi, ketika peserta ingin sharing, maka tidak canggung.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi pendobrak untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Tuban,” harap perempuan yang merupakan istri Kepala Bappeda, Litbang Tuban itu.

Baca Juga: Cegah Kemacetan, Traffict Light Simpang Lima Al-Falah Hanya Diaktifkan Pagi Hingga Siang Hari

Perempuan yang juga salah satu Kabid di DKP2P Kabupeten Tuban itu menegaskan, usai kegiatan ini pihaknya berharap agar peserta bisa memberikan pengaruh atau dampak yang signifikan bagi generasi muda di lingkungannya.

“Karena temanya pencegahan stunting melalui Cepak, paling tidak peserta bisa mengedukasi dengan cara anak muda, misal dengan curhat atau sejenisnya,” timpalnya.

Ke depan, TP PKK berupaya bersama karang taruna juga menyasar pokja-pokja lain dan bidang-bidang lainnya tidak hanya pokja 1.

“Jadi nantinya selain Pokja 1, baik itu Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4 akan menggandeng karang taruna guna menyasar kegiatan generasi muda,” pintanya.

Untuk diketahui, pada kepengurusan TP PKK Kabupaten Tuban terdiri dari empat Pokja, yaitu Pokja 1 bidang pembinaan karakter keluarga, Pokja 2 bidang pendidikan dan ekonomi, Pokja 3 bidang ketahanan pangan, dan Pokja 4 bidang kesehatan lingkungan.

Sementara itu, koordinator bidang hukum, perempuan dan anak pada Karang Taruna Kabupaten Tuban, Devi Febriana selaku narasumber mengaku menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Tuban tersebut.

“Kegiatan ini sejalan dengan program kami di Karang Taruna Tuban, sehingga wujud sinergi ini semoga bisa berkesinambungan,” imbuh Devi (nat/mel)

 

/