Cuaca Buruk Membuat Harga Ikan Meroket

410

kabartuban.com – Harga berbagai jenis ikan laut di sejumlah pasar ikan di Tuban, Jawa Timur naik seratus persen akibat terbatasnya pasokan ikan dari nelayan, menyusul cuaca buruk yang melanda kawasan pantai utara Tuban, dalam sepekan belakangan ini.

Kondisi tersbeut, seperti yang terpantau di pasar ikan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban. Harga berbagai jenis ikan laut seperti cumi, kakap merah, rajungan, kepiting, dan tengiri, naik lebih dari seratus persen dalam sepekan terakhir.

Harga ikan cumi misalnya, naik dari harga sebelumnya yang hanya berkisar Rp 35.000/Kg  kini melambung tinggi menjadi Rp 70.000/Kg. Kakap merah yang awalnya dijual dengan harga Rp 14.000/Kg  kini menjadi Rp 35.000/Kg. Ikan tengiri yang awalnya dijual seharga Rp 20.000/Kg kini menjadi Rp 40.000/Kg. Sementara ikan jenis lainnya seperti rajungan naik dari harga Rp 30.000/Kg kini berada dikisaran Rp 70.000/Kg dan kepiting Kini dijual seharga Rp 65.000 dari harga awal yang hanya berkisar Rp 30.000/Kg.

Terkait kenaikan harga ikan laut ini, sejumlah pedagang menduga terbatasnya pasokan ikan dari nelayan adanya penyebabnya. Mereka mengaku mengalami penurunan omzet hingga setengah dari hari biasa. Minimnya pasokan membuat mereka hanya mampu menjual tak lebih dari 30 Kg perharinya. Jumlah ikan sangatlah terbatas dan kalaupun ada jumlahnya sangat sedikit dan itupun dengan harga yang nyaris tak terjangkau pembeli.

Jumiati, seorang pedagang ikan laut mengatakan, “Melambungnya harga ikan laut ini, diperkirakan masih akan terus terjadi hingga beberapa pekan ke depan, menyusul belum adanya aktifitas nelayan untuk melaut akibat cuaca buruk yang melanda laut utara Tuban. (af/riz)