Dinkes Tuban Himbau Orang Tua Cerdas Pilih Makanan Sehat Untuk Anak

545

kabartuban.com – Guna menghindari anak mengkonsumsi makanan berbahan kimia tinggi, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban menghimbau orang tua agar lebih cerdas dalam memilih makanan yang sehat untuk anak. Selain itu, himbauan tersebut dilakukan terkait dengan ditemukanya di beberapa daerah permen yang disinyalir dapat memberikan efek kecanduan dan membuat anak tertidur dalam waktu yang cukup lama.

“Disini (Tuban) masih banyak ditemukan makanan yang menggunakan bahan kimia dan pewarna buatan yang kurang baik untuk kesehatan,” ujar Esty Surahmi Kabag Pelayanan Dinas kesehatan Tuban.

Esty menjelaskan, untuk mengantisipasi beredarnya produk berbahan kimia tinggi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban juga telah melakukan pembinaan kepada industri makanan rumah tangga, agar tidak menggunakan bahan pewarna makanan secara berlebihan.

“Terpenting adalah anak-anak usia sekolah, karena disekitar sekolah seringkali banyak penjual makanan yang tidak semuanya higienis,” jelasnya.

Menurut Esty, untuk industri besar yang memproduksi segala bentuk makanan sudah diawasi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sedagkan untuk industri rumah tangga pengawasan ada pada Dinas Kesehatan Kabupaten.

“Kita akan terus memantau dan mengawasi segala bentuk produksi makanan yang beredar di Tuban,” terangnya.

Ia menambahkan, cara yang paling mudah dalam memilih makanan yang baik adalah dengan meneliti kemasan atau melihat label komposisi. Selain itu, masyarakat juga dapat melihat tanggal kadaluarsanya. (lk/har)

/