Disdikpora Siap Gelar UN Senin Mendatang

445

un2015kabartuban.com – Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat akan menghadapi ujian puncak pada hari Senin 13 April hingga Rabu 15 April yang akan datang. Menjelang Ujian Nasional (UN) kali ini, Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Tuban telah memasuki tahap akhir, yakni, pendistribusian naskah soal.

Soal UN yang sebelumnya telah disortir dan dikelompokkan oleh Dinas Pendidikan mulai didistribusikan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan di dua puluh kecamatan yang ada. Secara teknis, Disdikpora Tuban telah siap menggelar UN di seluruh wilayah di Kabupaten Tuban.

Kepala Bidang SMP/SMA/SMK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Nur Hamid menyatakan, “Setelah proses sortir kemarin, dan dipastikan tidak ada kekurangan langsung kami distribusikan,” tuturnya, Sabtu (11/4/2015).

Puluhan Kepala Sekolah dan guru dari 127 sekolah penyelenggara ujian sejak sabtu pagi telah mengambil naskah UN di aula dinas pendidikan tempat penyimpanan naskah. Selain para guru dan petugas UPTD, nampak sejumlah petugas juga berjaga mengantarkaan saat pengambilan naskah dari masing-masing polsek.

“Setelah sampai di kecamatan soal UN akan disimpan di kantor UPTD dan baru akan diserahkan ke masing-masing sekolah pada hari yang sama pelaksanaan ujian,” terang Nur Hamid.

Sementara itu, siswa – siswi tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Tuban juga menyatakan telah siap menghadapi UN Senin mendatang. Banyak hal dilakukan oleh para siswa untuk menghadapi UN. Mulai dari persiapan materi pelajaran hingga memperbanyak kuantitas do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satu siswa di Tuban yang akan menghadapi UN Senin mendatang, Ahmad Fatchur Rizal mengatakan, “Insya Allah siap lah menghadapi UN. Siap nggak siap ya memang harus siap mas,” ucap siswa SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) yang akrab disapa Afif tersebut.

Lebih lanjut Afif mengatakan, “Kalau saya standart saja, menghadapi UN ini dengan belajar sewajarnya seperti yang sudah dituntun oleh guru – guru di sekolah. Berdo’a juga sewajarnya mas, seperti yang sudah diajarkan oleh guru ngaji saya,” imbuhnya.

Untuk diketahui Ujian Nasional Tahun ini diikuti masing masing SMP 10.438 peserta, MTs 5.853 peserta, SMP LB 5 peserta. ditingkat SMS sederajat masing-masing SMA 3.564 peserta, MA 2.699 peserta, SMK 4.431 peserta dan SMALB 1 peserta. (im).