Disdikpora Sudah Antisipasi MOPDB

417

kabartuban.com – Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) yang sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) masih berlangsung di Tuban pada saat masa penerimaan siswa baru di sejumlah sekolah.

Kendati ada peraturan dan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang melarang segala bentuk perpeloncoan dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mempermainkan peserta didik baru, namun diduga banyak sekolah di Tuban yang masih melaksanakan kegiatan MOPDB, yang masih berbau perploncoan.

Menaggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban menyatakan bahwa jauh sebelum pelaksanaan MOPDB, seluruh Kepala Sekolah sudah dikumpulkan, diberi arahan dan semuanya juga sudah menyepakati batasan kegiatan MOPDB di lingkungan pendidikan Kabupaten Tuban, Selasa (4/8/2015).

“Jauh sebelum pelaksanaa MOPBD sudah kita kumpulkan Kepala Sekolah. Kita beri arahan dan menyepakati batasan kegiatan MOPDB di Tuban,” kata Sutrisno saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Sutrisno menuturkan, “Seandainya dalam pelaksanaan MOPDB ditemukan tindakan yang tidak mendidik ataupun menuju aksi perpeloncoan, maka akan kita  tindaklanjuti,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan media ini, sejumlah sekolah diduga masih melaksanakan MOPDB sebagaimana MOS terdahulu  yang identik dengan kegiatan yang kurang mendidik terhadap siswa baru.

Adapun tujuan MOPDB yang dapat dihimpun redaksi diantaranya ;

  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas. (im)