Dukcapil, Dokumen Gratis Cukup 14 Hari

kabartuban.com – Mengurus dokumen kependudukan menjadi pekerjaan ‘berat’ bagi sebagian masyarakat. Banyak kalangan masyarakat merasa terlalu ‘repot’ untuk mengurus dokumen kependudukan sendiri, sehingga banyak jasa mengurus dokumen yang bermunculan. Dampaknya, biaya mengurus berbagai macam dokumen seolah mahal dan tidak jelas tarifnya.

Menanggapi hal tersebut, Gunadi selaku Kepala Bidang Kependudukan, Disdukcapil Tuban mengatakan, “Pengurusan dokumen kependudukan, selama diurus sendiri pasti gratis. Kecuali kalau meminta tolong kepada orang lain, itu tidak ada aturannya. Tergantung berapa kesepakatan dengan pemberi jasa, tapi itu bukan dari Dukcapil,” katanya.

Lebih lanjut Gunadi mengatakan, “Kami memprioritaskan yang mengurus sendiri. Jika syarat prasyarat lengkap, maka maksimal 14 hari pasti sudah jadi. Pada saat pengajuan, ada tanda terima yang bisa jadi bukti saat pengambilan. Kalau lebih dari 14 hari belum jadi, itu masyarakat bisa komplain kepada kami,” terang Gunadi, Senin (23/11/2015).

Keluhan mengurus dokumen tersebut banyak datang dari warga yang jauh dari kota. Karen jauh dan dengan berbagai kesibukan, banyak masyarakat yang kemudian memilih untuk memakai jasa mengurus dan tidak jarang yang menawarkan jasa mengurus adalah dari perangkat desa setempat.

Disampaikan Gunadi, kedepannya, Dukcapil bermimpi  agar pengurusan dokumen dapat langsung diupload dari desa, sehingga tidak perlu repot datang ke kota. Namun, untuk sampai ke sana masih menunggu sistemnya terbangun. (riz/im)

Populer Minggu Ini

Sistem Manajemen Pengawasan Keamanan Pangan Segar Pemkab Tuban Raih Predikat A

kabartuban.com -- Dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44...

Pria Paruh Baya Asal Jenu Gantung Diri Diduga Akibat Lama Sakit Keras

kabartuban.com -- Seorang pria asal Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,...

HUT Persatu ke-49, Ultras Kecam Jangan Ada Tendensi Politik

kabartuban.com -- Ratusan Anggota Ultras Persatu Tuban merayakan peringatan...

Komisi IV DPRD Tuban Akan Jembatani Aspirasi Guru Swasta ke Menpan-RB

kabartuban.com -- Setelah melakukan aksi damai di depan kantor...

Polres Tuban Berhasil Ringkus Dua Anggota Gangster Yang Sempat Resahkan Warga

kabartuban.com -- Masyarakat Kabupaten Tuban sempat diresahkan dengan adanya...
spot_img

Artikel Terkait