Ekstrakurikuler Jurnalistik, Jadi Pijakan Belajar Menulis SMKN 2 Tuban

13
Lilis Meidiyawati bersama dengan siswa Ekstrakurikuler Estafet.

kabartuban.com – Ekstrakurikuler merupakan salah satu wadah pembentukan minat dan bakat siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan kreatifitas sesuai minat dan bakat para siswa agar dapat mengembangkan potensinya masing-masing.

Salah satunya ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 2 Tuban Jurnalistik atau yang biasa diberi nama Etalase Siswa Terampil dan Kreatif (Estafet). Di ekstrakurikuler ini siswa bisa mengasah kemampuan di bidang fotografi, karya tulis, mengolah informasi, mengembangkan ide serta meningkatan kreatifitas.

Tidak hanya itu, para siswa juga melakukan kegiatan membuat rubrik, menulis berita-berita seputar SMK Negeri 2 Tuban. Dalam mendukung kegiatan positif tersebut, para siswa juga diikutkan lomba-lomba seperti lomba puisi dan juga lomba menulis.

“Salah satunya Sekar siswa yag berprestasi dimana setelah lulus dari SMKN 2 Tuban itu dia bisa meluncurkan buku ISBN yang berawal dari kelas X sebenarnya dia nggak mau nulis karena takut tidak bisa. Setelah itu saya beri motivasi dan mengembangkan bakatnya di ekstra Estafet. Dan alhamdulilah dia dapat mencipatakan 9 buku ISBN,” kata guru sekolah sekaligus pembina Estafet SMK Negeri 2 Tuban, Lilis Meidiyawati, Jumat (10/6/2022).

Antusiasme dari para siswa dalam mengikuti Estafet dinilai oleh guru sekaligus Pembina tersebut sangat luar biasa. Lilis mengaku tidak perna memaksa siswanya harus selalu bagus dalam menulis sebuah rubric.

“Jadi kita mengalir saja. Dalam arti ketika kamu berkreatifitas, ketika kamu membuat sastra saya tidak pernah mengatakan karyamu jelek karena semua karya itu bagus-bagus,” tegasnya.

Guru yang dikenal murah senyum tersebut memberikan apresiasi kepada semua siswa yang mengikuti Estafet yang dinilai sangat aktif untuk menulis. Di akhir wawancara, Lilis juga menyampaikan harapanya kepada para siswanya agar tidak takut dalam menghadapi setiap tantangan.

Di tempat yang sama Sinta (XI AKL IV) dan Nurul (X AKL III) merasa sangat senang karena bisa mengikuti ekstra Etafet dimana mulai dari kegiatan yang dilakukan, menulis apa yang mereka pikirkan karena menurutnya tidak perlu bercerita kepada orang lain  tapi melalui tulisan ini mereka sampaikan pesan di dalamnya.

Kepada teman sebayanya mereka menyampaikan bahwa membaca buku sangatlah penting karena menurutnya dari bukulah kita bisa melihat sumber ilmu yang terkandung di dalamnya karena semakin sering membaca buku maka semakin banyak ilmu-ilmu yang di dapatkan.

“Dari ikut Esktra Estafet ini membantu sekali dari Public Speakingnya, skill berbicara juga terasah. Untuk hal yang disukai itu waktu buat rubrik karena kita bisa berkekspresi disana,” jelasnya.(hin/dil)