Fakultas Teknik Unirow, Exxon Mobil Road To Campus

504

Kabartuban.com – Mahasiswa fakultas Teknik Universitas PGRI Ronggolawe(Unirow) Tuban mengikuti kuliah umum Program Sinergi Energi yang diisi langsung oleh exxon mobil, di gedung M, jum’at (11/12/2015).

Acara yang diikuti oleh 200 mahasiswa tersebut merupakan program study road show di beberapa kampus yang diadakan oleh exxon mobil untuk daerah yang ada di wilayah oprasi exxon mobil, yaitu Blora, Bojonegoro, dan Tuban.

Rexy Mawardijaya, selaku juru bicara exxon mobil menjelaskan, program ini bertujuan untuk  memperkenalkan kepada generasi muda, terutama kalangan mahasiswa, karena mereka adalah calon generasi ke depan. Generasi pemimpin yang nantinya akan mengamankan energi nasional.

“Para generasi muda perlu tau, karena mereka ada di wilayah migas, jadi harus lebih tau dibanding mereka yang tidak ada di wilayah migas,” terangnya.

Selain itu rexy juga menerangkan terkait produksi minyak, mulai dari  ditemukannya minyak, diproduksi, sampai di tangan konsumen. “Dengan program ini kami bisa lebih dekat dengan mahasiswa, dan mahasiswa juga lebih mengerti apa yang kita lakukan di Blora Cepu,” tandasnya.

Acara tersebut juga  mendapat sambutan baik dari pihak kampus, terutama Supiana Dian Nurtjahyani selaku rektor Unirow Tuban. “Kami sambut baik, karena ini upaya untuk kedepannya bisa menjalin kerjasama dengan baik, terutama yang berpihak kepada mahasiswa, misalnya dalam kerja lapangan atau kerja praktek,” paparnya.

Menuruntnya, hal tersebut juga bisa menjadi bekal untuk berkompetisi dalam mencari masa kerja, jadi tidak hanya skill teoritis, tapi juga skil praktis yang dibutuhkan di lapangan. Dilapngan harus punya skill, apalagi untuk menghadapi MEA, jadi harus punya kompetisi khusus yang dijadikan modal untuk bersaing.

“Dalam Kurikulum terbaru KKNI juga ada kurikulum SKPI yang akan merujuk pada kemampuan mahasiswa, sehingga dalam job seleksi akan tergambarkan dan mahasiswa yang berkopetisi bisa dipertimbangkan. Jadi tidak hanya lulusan S1 teknik saja, namun mahasiswa yang berkarakteristik, yang punya skill yang nantinya akan dipertimbangkan,” terang Dian.

Masih menurut Dian, pihaknya sangat senang karena exxon mobil telah memberi apresiasi untuk menawarkan kerjasama langsung. Hal tersebut juga bisa menjadi upaya untuk pengembalian citra Unirow kedepan agar lebih baik.

“Semoga kedepannya Unirow bisa berguna di masyarakat untuk menuju tatakelola perguruan tinggi yang berkualitas, bermartabat, dan berazas. Sehingga dari prestasi, unjuk kerja pihak kampus bisa dinilai oleh kampus,” pungkasnya. (har/riz)

/