Gali Potensi Anak, Disperpusip Gelar Lomba Bertutur

10
Kepala Disperpusip, Nur Khamid saat serahkan hadia kepada juara lomba bertutur

kabartuban.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Tuban menggelar Final Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se-Kabupaten Tuban Tahun 2022 hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional dan Hari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Lomba bertutur sendiri sudah dilakukan sejak (08/03/2022) dengan mengikuti proses, sosialisasi, dan pendaftaran, dimana pada hari ini, Rabu (08/06/2022) adalah final untuk penentuan juara 1, 2 dan 3 yang nantinya akan dikirimkan ke tingkat provinsi pada Bulan Juli mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Nur Khamid mengatakan sebanyak 47 peserta SD/MI di Kabupaten Tuban yang mengikuti kompetisi tersebut untuk merebutkan kejuaraan. Mantan Kepala Dinas Pendidikan tersebut ingin kegiatan yang saat ini dilakukan dapat lebih masif, dimana menurutnya antara pendaftar lomba SD/MI di Kabupaten Tuban harus ada yang diperbaiki.

“Kalau hanya 47 jumlah SD kita berapa, kan SD kita saja totalnya 563 terus kemudian MInya berapa. Jadi total hampir ada 1000 dan pesertanya hanya ada 47. Menurut saya ini pasti ada sesuatu yang harus dibenahi,” terangnya kepada awak media.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Perpustakaan, Susi Sulastri mengungkapkan bahwa alasan pemilihan lomba bertutur dan alasan pemilihan anak-anak SD/MI sebab mencari potensi-potensi yang ada pada diri anak-anak, sebab merekalah nantinya calon pemipin-pemimpin di masa yang akan datang.

“Tujuan kita juga untuk mencari potensi-potensi yang ada pada diri anak-anak karena dari awal kita bekali untuk menumbuhkan minat bacanya dan mereka yang punya potensi dapat disalurkan melalui lomba ini,”pungkasnya.
Di akhir, ia menyampaikan harapannya semoga dengan adanya lomba ini potensi dari anak-anak khususnya di Kabupaten Tuban dapat tumbuh dan timbul sebab merekalah nantinya yang akan memimpin masa depan.

Adapun nama yang memperoleh juara satu yakni Delyncia Allegra dari SDN Socorejo Jenu dengan perolehan nilai sebanyak 2620, juara dua Hamdia Hubbina Jamma dari SDN Sendangharjo Tuban dengan perolehan nilai 2546, dan yang terakhir Bahira Ramadhani A.M dari SDN Ronggomulyo 1 Tuban dengan nilai 2505. (hin/dil)