Gencar Lakukan Vaksinasi, Kelurahan Gedongombo Lakukan Door To Door

21
Kelurahan Gedongombo saat lakukan vaksinasi.

kabartuban.com – Guna memaksimalkan Vaksinasi yang menyeluruh di Kabupaten Tuban, Pemerintah Desa Gedongombo tengah gencar melakukan upaya vaksinasi door to door (Ngelawang) bersama tim vaksin 3 pilar kelurahan yakni Pimpinan Kelurahan (Lurah) dibantu oleh bidan desa, Bhabinkamtibmas Gedongombo, dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gedongombo, Tuban, Selasa (07/12/2021)

Vaksinasi yang dilakukan hari ini serentak pada 3 tempat yakni Gedongombo sendiri, belakang kampus Unirow, dan yang terakhir di TPQ AL-Fatah Panggungsari. Cakupan vaksinasi di wilayah ini sudah mencapai sekitar 80%

“Karena jumlah penduduk kita paling banyak, mangkanya kita juga meminta bantuan dari puskesmas Wire untuk membantu pelaksanaan vaksinasi ini,” jelasnya

Wahju Indrihartono selaku Lurah Gedongombo menambahkan akan tetap mengupayakan agar vaksinasi dapat tercapai rata kepada semua penduduk. Selain itu juga melakukan imbauan dan edukasi agar masyarakat sadar bahwa vaksinasi penting bagi kesehatan.

Di samping itu, Anggota  Bhabinkamtibmas, Wahyudi menjelaskan selama proses vaksinasi hanya ada hambatan kesulitan memberikan vaksin bagi lansia yang memiliki penyakit bawaan seperti darah tinggi. Namun, pihaknya mengaku tidak ada paksaan bagi lansia yang memang tidak diperkenankan untuk melakukan vaksin.

“Hambatannya mungkin kita kesulitan dalam mendorong para warga yang utamanya khusus lansia karena punya penyakit darah tinggi dll, jadi kita tidak bisa memaksa. Tapi untuk usia 12 tahun ke atas dan 60 tahun kebawah sudah tervaksin,” terang Wahyudi.

Lanjut Wahyudi, dirinya bersama tim vaksinasi mengatakan siap melakukan vaksinasi door to door kepada masyarakat agar target vaksinasi tercapai.

“Kita rela bersama tim vaksinasi lain untuk door to door atau ngelawang karena penduduk yang banyak 21.000 jiwa jadi kita harus jemput bola. Pokoknya kita siap jika ada yang ingin vaksinasi mulai dari 50-100 orang,” lanjutnya.

Ditemui di tempat yang sama, Indrawati salah satu warga yang sudah mengikuti vaksin dosis 1 yang diadakan oleh kelurahan Gedongombo merasa sangat terbantu berkat adanya vaksinasi ini.

“Saya merasa terbantu sekali adanya vaksinasi ini. Saya tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk antri panjang vaksinasi,” ujarnya. (hin/dil)