Gus Ipul Sapa Masyarakat Tuban

392
Gus Ipul Sapa masyarakat Tuban.

kabartuban.com – Saifuloh Yusuf atau Gus Ipul yang merupakan calon gubernur Jawa Timur berkunjung dan menyapa masyarakat di  Kabupaten Tuban.  Mengawali perjalanannya di kabupaten berjuluk Bumi Wali, Gus Ipul menghadiri kegiatan IWAPI yang dilaksanakan di Gedung Graha Sadiya, Merakurak Tuban.

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Rest Area Kabupaten Tuban untuk melihat kegiatan UMKM dilokasi tersebut, dan berlanjut ke kampung nelayan Kecamatan Palang, serta makam Sunan Bonang Tuban untuk berziarah.

Kegiatan Gus Ipul di Tuban diakhiri dengan mengunjungi ibu-ibu muslimat di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, sekaligus mengunjungi masyarakat di desa tersebut yang menjadi korban banjir luapan sungai Bengawan Solo.

Menyikapi kehadiran calon gubernur di daerah, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban,  Kasmuri mengaku, pihaknya tidak mengetahui apakah kegiatan calon gubernur Jawa Timur ke Kabupaten Tuban,  merupakan kegiatan kampanye atau bukan, sebab tidak ada surat pemberitahuan yang masuk atau ditembuskan kepada KPUD Tuban.

“Pasangan calon dan tim kampanye jika akan melakukan kegiatan harus melakukan pemberitahuan  ke kepolisian, terus ditebuskan kepada KPU dan Panwas, namun sampai hari ini kami tidak menerima tembusan jadi kita tidak tahu karena tidak ada pemberitahuan,” kata Kasmuri

Menurut Kasmuri, pihaknya memastikan tidak ada surat yang masuk padanya. Selanjutnya ada atau tidaknya kegiatan kampanye dalam kunjungan calon gubernur ke Tuban, adalah domainnya penitia pengawas pemilu.

Senada dengan KPUD Tuban, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaskab Tuban, Muhammad Arifin, mengaku jika pihak Panwas tidak menerima pemberitahuan soal kegiatan Gus Ipul ke Tuban, namun demikian pihak panwas tetap melakukan pemantauan kegiatan calon gubernur Jatim  itu.

“Karena tidak ada pemberitahuan, terkit dengan kegiatan di Tuban yang pertama tidak kampanye. Tetapi tidak dipungkiri dalam kenyataanya ada, yaitu penyebaran bahan kampanye,” kata Arifin.

Menurut Arifin, Sepanjang kegiatan kunjungan tidak ada unsur kampanye, tidak ada larangan bagi pasangan calon untuk menyapa masyarakat. Namun Panwas menemukan adanya kegiatan kampanye, berupa pembagian bahan kampanye yakni kalender dan stiker berisi gambar calon, saat kunjungan Gus Ipul di Rest Area Tuban. Tidak sampai disitu, pembagian kalender juga dilakukan di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang.

“Kalau kegiatan kampanye tidak boleh karena tidak pemberitahuan, Kami juga sudah ingatkan ke tim, agar tidak ada kampanye,” terang Arifin. (Luk)

 

/